Jurnal Edukasi Biologi
Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi

ANALISIS MISKONSEPSI MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA DALAM BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X DI KABUPATEN BANYUMAS

Venty Azulianingsih (Unknown)
Yuliati Yuliati (Unknown)
Anna Ratnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengkategorikan dan mengetahui seberapa banyak kategori miskonsepsi pada materi Archaebacteria dan Eubacteria dari buku teks biologi SMA kelas X kurikulum 2013 di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten. Buku teks yang dianalisis merupakan hasil survey di SMA yang menggunakan kurikulum 2013. Unit analisis berupa teks dan gambar yang memuat materi Archaebacteria dan Eubacteria. Miskonsepsi dikategorikan menjadi 5 kategori yaitu misidentification, oversimplification, overgeneralization, undergeneralization, dan obsolete concept and term. Proses identifikasi dilakukan oleh tiga panelis. Data di uji kehandalanya berdasarkan perhitungan α-Krippendorf dan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks A, B, dan C mengalami miskonsepsi dengan hasil persentase 8,6%, 7,6%, 7,7% dan Kategori miskonsepsi yang ditemukan pada ketiga buku teks adalah rata-rata misidentification (4,8% dan 14,4%), oversimplification (1,9% dan 25%), overgeneralization (0,6% dan 0% ), undergeneralization (0,3% dan 0%), dan obsolete concept and terms (0,3% dan 0%). Nilai frekuensi dari ketiga buku teks menunjukan bahwa buku A memiliki nilai persentase paling tinggi yaitu 8,6%.Kata kunci: Banyumas, miskonsepsi, archaebacteria dan eubacteria, SMA

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...