cover
Contact Name
Ahmad Kamal Sudrajat
Contact Email
kamalsudrajat@uny.ac.id
Phone
+6285855911229
Journal Mail Official
kamalsudrajat@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Edukasi Biologi
ISSN : 29865484     EISSN : 29864828     DOI : https://doi.org/10.21831
Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan biologi. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian dan kajian perihal: kurikulum pembelajaran biologi tingkat sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), model dan metode pembelajaran biologi, teknologi termasuk bahan ajar dan media pembelajaran biologi, assesmen dan penilaian pembelajaran biologi, pendidikan dan pelatihan guru biologi, serta pengembangan teori dan pemikiran/kebijakan pembelajaran biologi.
Articles 138 Documents
KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI PERBEDAAN LOKASI SEKOLAH Ana Fitri Apriliyani; Bambang Subali; Siti Mariyam
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i1.4480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat Kemampuan Berpikir Divergen dalam Keterampilan Proses Sains (KBDKPS) peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi, (2) peta tingkat KBDKPS ditinjau dari perbedaan lokasi sekolah, dan (3) pengaruh jenjang kelas dan faktor gender terhadap tingkat KBDKPS peserta didik ditinjau dari perbedaan lokasi sekolah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMAN di Kabupaten Sleman. Sampel penelitian adalah 1.304 peserta didik dari 16 SMAN di Kabupaten Sleman yang diambil dengan teknik accidental sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa perangkat soal tes KBDKPS dengan pertanyaan terbuka (politomous). Teknik pengumpulan data berupa tes KBDKPS dan wawancara tidak terstruktur. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) KBDKPS peserta didik SMAN di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi tergolong rendah, (2) peta tingkat KBDKPS peserta didik SMAN yang berlokasi di kawasan kota yaitu sedang (20,88), kawasan suburban tergolong rendah (17,96), dan wilayah desa tergolong rendah (17,32), and (3) faktor jenjang kelas dan perbedaan gender tidak mempengaruhi tingkat KBDKPS peserta didik SMAN di Kabupaten Sleman yang ditinjau dari perbedaan lokasi sekolah. Kata kunci: kemampuan berpikir divergen, keterampilan proses sains, perbedaan lokasi sekolah.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SEL DAN JARINGAN MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS X APTR-2 SMK NEGERI 1 PANDAK Deliya Minianur; Slamet Suyanto; Heru Nurcahyo
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 4 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i4.8108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif melalui pendekatan saintifik pada materi sel dan jaringan makhluk hidup untuk siswa kelas X APTR-2 SMK Negeri 1 Pandak tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi selama dua siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklus. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi keterlaksanaan pendekatan saintifik, quisioner (skala likert) motivasi belajar siswa, dan tes hasil belajar kognitif (pretest-posttest). Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dapat meningkat sebesar 16,73 dalam kategori tinggi pada siklus I dan 0,43 dalam kategori tinggi pada siklus II, dengan cara mengamati objek biologi secara langsung baik dengan menggunakan media realia, gambar, maupun video yang dapat menimbulkan keingintahuan siswa, guru harus kreatif dalam menggunakan media pembelajaran ataupun model pembelajaran pada setiap pertemuan, dan guru harus mampu memberikan penghargaan secara langsung ataupun tidak langsung. Demikian pula dengan hasil belajar kognitif siswa meningkat sebesar 0,53 pada siklus I dan 4,41 pada siklus II, dengan cara siswa mengamati objek secara langsung yang dapat menimbulkan rasa ingin tahunya, kemudian siswa melakukan eksperimen ataupun eksplorasi dengan berkelompok, kemudian menganalisis dengan berdiskusi, namun mengkomunikasikan secara individu baik dengan lisan maupun tulisan. Kata kunci: Motivasi, Hasil Belajar Kognitif, Pendekatan Saintifik, Sel, Jaringan.
ANALISIS MISKONSEPSI MATERI STRUKTUR-FUNGSI JARINGAN HEWAN DALAM BUKU BIOLOGI SMA KELAS XI Tri Ayunda Wijiningsih; Triharjana Triharjana; Sukiya Sukiya
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i7.4637

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya miskonsepsi, kategori miskonsepsi apa saja yang ditemukan, dan persentase masing-masing kategori miskonsepsi. Penelitian ini termasuk penelitian analisis isi dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan melalui dua tahapan, yaitu pengadaan data dan analisis data. Sampel penelitian ini adalah tiga buku pelajaran biologi yang beredar di toko buku di Kabupaten Sleman yang ditentukan secara simple random sampling. Objek penelitian adalah konsep-konsep dengan unit analisis berupa teks dan gambar. Analisis miskonsepsi dilakukan oleh tiga panelis didasarkan pada pengkategorian miskonsepsi menurut Hershey (2005: 1-3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi, baik pada teks maupun gambar; kategori miskonsepsi yang ditemukan pada teks, meliputi misidentifications, oversimplifications, overgeneralizations, dan undergeneralizations, sedangkan pada gambar, antara lain misidentifications dan oversimplifications; dan persentase kategori miskonsepsi pada teks dan gambar secara berturut-turut, yaitu misidentifications (7,86% dan 37,84%), oversimplifications (21,87% dan 67,57%), overgeneralizations (3,68% dan 0%), undergeneralizations (0,25% dan 0%), dan obsolete concepts and terms (0% dan 0%). Kata kunci: analisis isi, miskonsepsi, struktur dan fungsi jaringan hewan
MISKONSEPSI SISWA SMA KELAS XII PADA MATERI GENETIK DENGAN METODE Certainty of Response Index (CRI) Amaliyah Rahayu,; Suratsih Suratsih
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i4.13720

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat miskonsepsi materi genetik oleh siswa SMA kelas XII; (2) mengetahui submateri yang paling banyak mengalami miskonsepsi. Kegiatan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Maret 2018. Miskonsepsi adalah ketidaksesuaian konsep yang dimiliki oleh siswa dengan konsep ahli, sedangkan materi genetik yang di ujikan antara lain: submateri kromosom, DNA, gen, dan sintesis protein. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA 3 di SMAN 1 Wates dilakukan pada bulan Maret 2018. Sampel penelitian sebanyak 30 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik insidental sampling. Data dikumpulkan dengan tes diagnostik dengan metode Certainty of Response Index (CRI) yang ditemukan oleh Salem Hasan. Hasil analisis menunjukkan adanya miskonsepsi pada siswa kelas XII MIA 3 di SMAN 1 Wates. Miskonsepsi keseluruhan yang dialami sebesar 22,17%. Hasil pada submateri kromosom siswa mengalami miskonsepsi sebesar 19,33%, sub materi DNA sebesar 12,67%, submateri gen sebesar 28,67%, dan yang terakhir sintesis protein sebesar 28%. Miskonsepsi yang dialami siswa banyak terjadi pada submateri Gen..Kata kunci: miskonsepsi, materi genetik, submateri gen
KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN SISWA SD BERDASARKAN ASPEK GENDER Opi Mawarsari; Bambang Subali; yuni Wibowo
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i3.4522

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran atau deskripsi kemampuan kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa kelas IV sekolah dasar di kota Yogyakarta ditinjau berdasarkan aspek gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sekolah dasar di Kota Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebesar 551 siswa kelas IV dari 12 sekolah dasar di Kota Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa kelas IV di Kota Yogyakarta tergolong rendah. Skor KKPSAK perempuan lebih tinggi daripada skor KKPSAK laki-laki. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukan bahwa terdapat keterkaitan antara kemampuan kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa kelas IV sekolah dasar di Kota Yogyakarta yang ditinjau berdasarkan aspek gender dengan faktor kefavoritan sekolah dan urutan kelahiran anak. Kata kunci: kreativitas, keterampilan proses sains, gender
PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN Maryatul Qibtiyah; Yuni Wibowo; Ratnawati Ratnawati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i6.8135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan program remedial di SMA Negeri Kabupaten Sleman, (2) kesesuaian pelaksanaan program remedial dengan standar Kurikulum 2013, (3) keterkaitan pelaksanaan program remedial dengan latar belakang pendidikan guru. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan metode survei, dilaksanakan pada April hingga Juni 2017. Populasi penelitian ini adalah guru Biologi di SMA Negeri Kabupaten Sleman dan sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, (1) pelaksanaan program remedial menggunakan pendekatan kuratif dengan metode penugasan, tutor sebaya, reteaching, bimbingan khusus, dan pemberian ulang soal. Program remedial dilaksanakan setelah ulangan harian, setelah UTS, setelah UAS, dan pada akhir semester. (2) program remedial terlaksana secara umum baik; penerapan metode sudah variatif sesuai dengan standar Kurikulum 2013, namun secara pelaksanaan belum dilakukan langkah diagnosis, serta waktu pelaksanaan yang dipaksakan menjadi seminim mungkin, (3) tidak terdapat keterkaitan antara pelaksanaan program remedial dengan latar belakang pendidikan guru.Kata kunci: latar belakang pendidikan guru, kesesuaian standar, pelaksanaan, program remedial
PENYUSUNAN MODUL KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG SEBAGAI ALTERNATIF PENGAYAAN DI SMA KELAS X Muhamad Hasbi Ashsdidiqi; Sukiya Sukiya; Tri Harjana
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 2 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i2.6164

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi keanekaragaman jenis burung di lereng selatan Gunung Merapi dan mengetahui kualitas modul yang disusun dari hasil penelitian keanekaragaman jenis burung di lereng selatan Gunung Merapi berdasarkan aspek penyajian, aspek kebahasaan, aspek materi dan aspek kegrafisan. Data yang diperoleh berdasarkan penelitian jenis burung yang dilakukan oleh Arellea Revina Dewi (2015) melalui pengamatan dengan metode survei dan dikembangkan menjadi modul dengan metode Reseacrh and Development (RD) berdasarkan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang disusun memiliki kualitas baik menurut dosen ahli (ahli materi dan ahli media) sebesar 84,1%, guru biologi sebesar 79,8% serta tanggapan peserta didik sebesar 97%.Kata kunci : Modul, Pengayaan, Pemahaman Konsep
Penyusunan Modul Pengayaan Pencemaran Air sebagai Alternatif Sumber Belajar Materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan Nurul Endah Rahmawati1; Suratsih Suratsih; Tien Aminatun
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i6.13910

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menyusun modul pengayaan pencemaran air sebagai alternatif sumber belajar untuk materi ekosistem dan perubahan lingkungan, mengetahui kualitas modul pengayaan pencemaran air oleh guru, dan mengetahui respon siswa terhadap modul pengayaan pencemaran air. Penelitian ini merupakan penelitian riset dan pengembangan atau research and development (RnD) dengan objek penelitian yaitu kualitas modul pencemaran air dan respon siswa terhadap modul. Pengambilan data kualitas modul dan respon siswa dilakukan di SMA Negeri 1 Pacitan dengan populasi yaitu 32 siswa kelas XI IPA 4 dan 2 orang guru Biologi. Data kualitas modul dan respon siswa yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menghitung frekuensi kategori pada setiap aspek. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) berdasarkan penilaian oleh guru Biologi, kualitas modul tergolong baik ;(2) respon siswa terhadap modul termasuk dalam kategori sangat baik.Kata kunci: Modul pengayaan; Pencemaran air; Perubahan lingkungan;SMA Negeri 1 Pacitan; Sumber belajar.
PENYUSUNAN ENSIKLOPEDIA ELEKTRONIK BRYOPHYTA KAWASAN GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI PLANTAE Desy Ayu Retawidyaningrum; Triatmanto Triatmanto
Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Edukasi Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v8i1.18175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui jenis tumbuhan lumut di Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran; 2) mengetahui hasil review ahli materi, ahli media, praktisi dan uji keterbacaan ensiklopedia elektronik Bryophyta di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran sebagai sumber belajar materi Plantae untuk siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini terdiri dari penelitian biologi dan pendidikan biologi. Penelitian Biologi menggunakan jenis penelitian deskriptif engan metode eksplorasi. Penelitian pendidikan biologi menggunakan jenis penelitian RnD dengan metode 4D, penelitian dibatasi sampai tahap Develop. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 23 spesies tumbuhan lumut di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran. Hasil review oleh ahli materi, ahli media dan praktisi serta uji keterbacaan dari tanggapan peserta didik terhadap Ensiklopedia Elektronik tumbuhan lumut menunjukkan bahwa prototipe Ensiklopedia Elektronik Tumbuhan Lumut di Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, kegrafisan, kemandirian dan kebahasaaan telah memenuhi kriteria penilaian yang selanjutnya dapat dilanjutkan untuk uji pada tahap desiminasi.
KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI KULON PROGO BERDASARKAN POTENSI SISWA Fika Nur Hasanah; Bambang Subali; Paidi .
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i5.4567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo dalam keterampilan proses sains ditinjau dari potensi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, menggunakan metode survey. Pelaksanaan dimulai bulan Desember 2015 sampai dengan Maret 2016. Sampel penelitian yaitu sebagian peserta didik pada kelas X dan XI SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo yang diambil menggunakan puprosive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pada peserta didik, wawancara tidak terstruktur dan angket bagi guru, dan pengumpulan daftar nilai Ujian Nasional IPA SMP peserta didik. Data dianalisis dengan analisis diskriptif. Hasil penelitian mengemukakan bahwa kemampuan berpikir divergen dalam keterampilan proses sains peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo termasuk sedang. Potensi peserta didik tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir divergen. Variabel pengganggu seperti gender, lama guru mengajar, dan latar belakang pendidikan guru juga tidak berpengaruh bagi potensi peserta didik terhadap kemampuan berpikir divergennya. Kata kunci: berpikir divergen, keterampilan proses sains, potensi peserta didik

Page 1 of 14 | Total Record : 138


Filter by Year

2016 2023