Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep fisika pada materi tekanan pada siswa kelas VIII C SMPN 3 Kupang dan mengetahui persentase pemahaman konsep setiap indikator. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes dalam bentuk essay yang berjumlah 15 nomor. Data secara statistik dianalisis, diperoleh persentase pemahaman konsep setiap indikator secara berurutan adalah menafsirkan 81%, mencontohkan 66%, mengklasifikasikan 72%, menyimpulkan 48%, merangkum 50% dan menjelaskan 61%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep fisika yang paling dominan adalah indikator menafsirkan dan berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan indikator yang sanagt tidak dominan adalah indikator menyimpulkan dan berada pada kategori cukup. Urutan penguasaaan berdasarkan indikator mulai dari yang terbesar adalah indicator menafsirkan, mengklasifikasikan, mencontohkan, menjelaskan, merangkum, dan menyimpulkan
Copyrights © 2023