cover
Contact Name
Egidius Dewa
Contact Email
egidiusdewa@unwira.ac.id
Phone
+6282144732656
Journal Mail Official
magneton@unwira.ac.id
Editorial Address
Gedung St. Yosep Freinademetz, Jl. San Juan, Penfui Timur, Kabupaten Kupang - NTT, Indonesia
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika
ISSN : -     EISSN : 29855764     DOI : 10.30822/magneton
Core Subject : Science, Education,
Magneton: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA merupakan terbitan berkala ilmiah yang dikelolah oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) yang terbit 2 kali dalam setahun atau tiap 6 bulan yaitu bulan Januari dan Juli. Magneton memiliki nomor ISSN (online) 2985-5764 berdasarkan SK ISSN 29855764/II.7.4/SK.ISSN/02/2023. Magneton memuat artikel-artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan fisika, pengembangan teori dan hasil pemikiran para praktisi yang bergerak di bidang pendidikan fisika dengan scope: Inovasi pembelajaran fisika; Metode, model, dan pendekatan pembelajaran fisika; Media pembelajaran fisika; TIK dalam pembelajaran Fisika; Evaluasi dan asesmen pembelajaran fisika; Etnofisika. Hasil Penelitian, pengembangan teori dan hasil pemikiran para praktisi yang dimuat pada jurnal ini berasal dari dosen-dosen yang berlatar belakang IPA Khususnya Pendidikan Fisika, Guru-guru IPA dan Fisika, Mahasiswa dan Alumni pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Katolik Widya Mandira serta hasil penelitian dari guru-guru maupun dari peneliti-peneliti lainnya.
Articles 17 Documents
Penerapan Media Video Animasi Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMAN Binino Maria Clarita Lake; Alfons Bunga Naen; Rosenti Pasaribu
MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA Vol 1 No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/magneton.v1i1.2038

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kemampuan literasi sains siswa dengan menetrapkan media video animasi pada materi pokok pemanasan global dengan melakukan penelitian eksperimen dengan pendekatan pre–experimental design. Penelitian dengan pendekatan pre-experimental design yang dipilih adalah satu kelompok atau satu kelas pretes-posttes (One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 IPA SMA Negeri Binino yang berjumlah 17 orang. Perangkat yang digunakan dalam penelitian ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, media video animasi, kisi-kisi soal tes hasil belajar dan kemampuan literasi sains siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan literasi sains siswa pada materi pemanasan global. Hal ini ditinjau dari hasil posttest yang mengalami peningkatan dan hasil perhitungan uji N-Gain Score pada hasil belajar dengan nilai rata-rata 0.42 dalam kategori sedang dan hasil uji N-Gain Score pada kemampuan literasi sains siswa dengan nilai rata-rata 0.43 dalam kategori sedang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMAN Binino dan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti ingin menyarankan bahwa dalam suatu proses pembelajaran penggunaan media pembelajaran sangat membantu guru dalam menyampaikan tujuan pembelajaran atau materi karena pembelajaran akan lebih bermakna
Pengembangan Bahan Ajar Peserta Didik Berbasis Video Animasi Whiteboard Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA Negeri 2 Kupang Timur Martha Radja; Egidius Dewa; Oktavianus Ama Ki`i
MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA Vol 1 No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/magneton.v1i1.2040

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar peserta didik berbasis video animasi whiteboard pada materi alat-alat optik yang dilatarbelakangi oleh peserta didik yang cenderung malas membaca buku cetak. Peserta didik kurang berminat untuk membaca jika bahan ajar itu tebal dan kurang menarik.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui validitas dan respon peserta didik terhadap bahan ajar peserta didik berbasis video animasi whiteboard pada materi alat-alat optik. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan lembar validasi bahan ajar untuk mengetahui kelayakan bahan ajar dan lembar respon peserta didik untuk mengeahui respon peserta didik terhadap bahan ajar peserta didik berbasis video animasi whiteboard pada materi alat-alat optik. Berdasarkan hasil analisis data oleh validasi ahli mendapatkan hasil rata-rata keseluruhan aspek penilaian sebesar 0,864 dengan kategori sangat layak. Hasil implementasi pada peserta didik dengan memberikan respon sebesar 93% dengan kategori sangat baik
Pengembangan Bahan Ajar Materi Gelombang Berjalan Dan Stasioner Kelas XI SMA Berbasis Video Animasi Whiteboard Melania Assumpta Puang; Oktavianus Ama Ki`i; Claudia Mariska M. Maing
MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA Vol 1 No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/magneton.v1i1.2041

Abstract

This study aims to 1) determine the feasibility of physics teaching materials based in the whiteboard animation video that was developed, 2) find out the reponses of teacher and students based on the developed whiteboard animation video, 3) find out the learning outcomes of students on whiteboard animation videos in moving waves and stasionary waves class XI SMA developed. The type of research used in Research and Development using the ADDIE development stage (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data collection techniques use tests and questionnaires to obtain the feasibility of teaching materials media and studen learning outcomes in the test stage field trial. The results showed 1) the validation assessment of the material expert was 75,7% in the very good category and was in the average score of 3,035 in the very good category, 2) the validity assessment from media experts was 75% in the good and mean score 3 in the very good category, 3) the teacher’s response is 83,3% in the very good category and having an average score of 3,33 in the very good category,4) the learning outcomes obtained by students are on average 82 meeting the KKM.
Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Materi Tekanan Pada Siswa Kelas VIII C SMPN 3 Kupang Maria Angelina Sonia; Claudia Mariska M. Maing; Maria Ursula Jawa Mukin
MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA Vol 1 No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/magneton.v1i1.2044

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep fisika pada materi tekanan pada siswa kelas VIII C SMPN 3 Kupang dan mengetahui persentase pemahaman konsep setiap indikator. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes dalam bentuk essay yang berjumlah 15 nomor. Data secara statistik dianalisis, diperoleh persentase pemahaman konsep setiap indikator secara berurutan adalah menafsirkan 81%, mencontohkan 66%, mengklasifikasikan 72%, menyimpulkan 48%, merangkum 50% dan menjelaskan 61%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep fisika yang paling dominan adalah indikator menafsirkan dan berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan indikator yang sanagt tidak dominan adalah indikator menyimpulkan dan berada pada kategori cukup. Urutan penguasaaan berdasarkan indikator mulai dari yang terbesar adalah indicator menafsirkan, mengklasifikasikan, mencontohkan, menjelaskan, merangkum, dan menyimpulkan
Analisis Pengetahuan Kognitif Berdasarkan Dimensi Pengetahuan Materi Tekanan Zat Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPS Katolik Mater Inviolata Maria Magdalena Uto Koli; Rosenti Pasaribu; Egidius Dewa
MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA Vol 1 No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/magneton.v1i1.2045

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan kognitif berdasarkan dimensi pengetahuan peserta didik pada materi tekanan zat kelas VIII SMPS Katolik Mater Inviolata. Pengambilan sampling yang digunakan adalah Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPS Katolik Mater Inviolata yang berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pengetahuan kognitif. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan kognitif peserta didik pada pengetahuan faktual dikategorikan baik dengan rata-rata nilai 84. Tingkat pengetahuan kognitif peserta didik pada pengetahuan konseptual dikategorikan kurang baik dengan rata-rata nilai 69. Sedangkan tingkat pengetahuan kognitif pada pengetahuan prosedural dikategorikan kurang baik dengan rata-rata nilai 74, tingkat pengetahuan kognitif peserta didik pada pengetahuan metakognitif dikategorikan kurang baiak dengan rata-rata nilai 67 dan tingkat pengetahuan kognitif secara keseluruhan peserta didik berdasarkan dimensi pengetahuan dikategorikan kurang baik dengan rata-rata nilai 73
Penerapan Simulasi PhET Sebagai Virtual Laboratorium Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Kupang Kornelius Kristianto; Oktavianus Ama Ki`i; Egidius Dewa
MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA Vol 1 No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/magneton.v1i1.2046

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimanakah peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan simulasi PhET sebagai virtual praktikum pada materi getaran, gelombang dan bunyi kelas VIII SMP NEGERI 3 KUPANG, 2) mengetahui bagaimana aktivitas belajar Peserta didik setelah menggunakan simulasi PhET sebagai virtual praktikum pada materi getaran, gelombang dan bunyi Kelas VIII SMP NEGERI 3 KUPANG. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kupang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode One-Group Pretest-postest Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII C yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berjumlah 5 butir soal dan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan dengan skore Gain 0,54 pada kriteria cukup dan aktivitas belajar peserta didik memperoleh presentase 73% dengan kriteri tinggi
Analisis Kesulitan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Berdasarkan Hukum Newton Di SMP Negeri 20 Kupang Herman Yoseph Boro Nimunuho; Alfons Bunga Naen; Maria Ursula Jawa Mukin
MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA Vol 1 No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/magneton.v1i1.2055

Abstract

Kesulitan hasil belajar ranah kognitif adalah ketidakmampuan seseorang untuk mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, menciptakan serta mengevaluasi materi yang telah dijelaskan.Dimensi pengetahuan yang dimaksud disini adalah pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal-soal: faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitf. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 20 Kupang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa soal essai yang berjumlah 10 butir soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pengetahuan faktualsiswa memiliki nilai rata-rata 66 dengan kategori cukup mengalami kesulitan, pengetahuan konseptual memiliki nilai rata-rata 81 dengan kategori tidak mengalami kesulitan,pengetahuan prosedural memiliki nilai rata-rata 26 dengan kategori sangat mengalami kesulitan, dan pengetahuan metakognitif memiliki nilai rata-rata 47 dengan kategori banyak mengalami kesulitan
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Simulasi PhET Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Stefania Wilfrida Novianty Oke; Claudia Mariska M. Maing; Rosenti Pasaribu
MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA Vol 1 No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/magneton.v1i1.2056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis simulasi PhET berpengaruh terhadap minat belajar 2) Mengetahui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis simulasi PhET berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambil sampling yang digunakan sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Santa Familia Sikumana yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, bahan ajar peserta didik, angket minat belajar dan soal tes pemahaman konsep. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis simulasi PhET terhadap minat belajar peserta didik dengan nilai signifikan 0,014 lebih kecil dari 0,05 (0,014<0,05). Dan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis simulasi PhET terhadap pemahaman konsep peserta didik dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05)
Analisis Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kadek Ayu Astiti; Vinsensius Lantik; Yenji Revita Tulle
MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA Vol 1 No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/magneton.v1i1.2069

Abstract

This study analyzes the use of google classroom as a learning medium during the covid-19 pandemic on learning motivation. Research objectives to find out the use af google classroom as a learning medium during covid-19 and student learning motivation after using google classroom as a learning medium during covid-19. This research includes qualitative descriptive research. The research subjects were 1 physics teacher and 5 students of SMA Negeri 5 kupang. Data collection methods include observation, interviews and documentation. The results of this study concluded that the use of google classroom as a learning medium during the covid-19 pandemic on student learning motivation has gone well. Tis can be proven that the use of google classroom can increase the desire, attraction, motivation, and also arouse students desire to learn. Improving the quality of learning can be seen through increasing teaching and learning activities and improving the final of results of student acquisition
Pengembangan Lembar Kerja Elektronik Guided Inquiry Berbasis Website Materi Konsep Usaha dan Energi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik dan Literasi Digital Priskila Desmawati Lifire; Dadan Rosana
MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA Vol 1 No 2 (2023): MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika | July 2023 - December 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/magneton.v1i2.2281

Abstract

This study aims to produce electronic worksheets that are: (1) feasible to use to improve science process skills and digital literacy in high school students; (2) practical to use to improve science process skills and digital literacy in high school students; and (3) assess the level of effectiveness in improving science process skills and digital literacy of high school students. This type of research is Research and Development using the ADDIE model, namely Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation. The field trial subjects consisted of 90 students of class X SMAN 2 Bangutapan which were divided into one experimental class and two comparison classes, the sample selection using a simple random sampling technique. The experimental class implemented electronic worksheets guided inquiry model and two comparison classes using conventional and contextual learning. The data collection instruments used were observation sheets, questionnaire sheets, and test questions. Data analysis techniques used feasibility analysis techniques based on the Aiken V value coefficient, practicality analysis based on the results of teacher and student response questionnaires, and effectiveness analysis based on observations of learning implementation and effect size. The results of the study stated that: (a) The website-based guided inquiry model electronic worksheet is declared feasible based on the results of the analysis of the validity of media feasibility and test questions; (b) The website-based guided inquiry model electronic worksheet is practical to use based on the results of the analysis of teacher and student responses; and (c) The website-based guided inquiry model electronic worksheet used in the learning process in improving students' science process skills and digital literacy with the results of the analysis based on the effect size measurement of the difference in the average scores of the three classes and the results of the analysis based on the effect size measurement in the medium category with effective criteria.

Page 1 of 2 | Total Record : 17