Sosio Dialektika
Vol 8, No 1 (2023)

Peluang Dan Tantangan UMKM Di Indonesia Dalam Perkembangan e-Commerce: Studi Perbandingan Dengan UMKM Di Negara-negara ASEAN

Shanti Darmastuti (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Mansur Juned (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Dini Putri Saraswati (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Rahmadini Agung Ayu Utami (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Pramudya Raharjo (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2023

Abstract

E-commerce menjadi isu menarik dalam dinamika ekonomi politik tidak hanya di level internasional, tetapi juga di level regional, bahkan nasional. ASEAN merespons perkembangan e-commerce melalui kerja sama maupun kesepakatan yang dapat membantu negara anggota untuk dapat memanfaatkan e-commerce yang mendorong pertumbuhan ekonomi. UMKM sebagai salah satu tulang punggung ekonomi di beberapa negara anggota ASEAN dihadapkan dengan sejumlah peluang maupun tantangan terkait dengan e-commerce. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran perkembangan e-commerce serta peluang dan tantangan UMKM di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Wawancara dengan pelaku UMKM di Indonesia serta studi dokumen dari artikel jurnal serta artikel dari internet menjadi teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa UMKM di Indonesia, Malaysia, dan Thailand memiliki sejumlah peluang dengan hadirnya e-commerce. Namun demikian, tantangan terkait teknologi dan kapasitas sumber daya manusia menjadi persoalan yang masih dihadapi oleh UMKM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SD

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Sosio Dialektika as an open hall for debate and discussion on socio-political science, economics, law, Islamic education and education. Sosio Dialektika accommodates social and humanities disciplines and becomes a growing space for interdisciplinary and holistic approach to the narrow space of ...