Jurnal Pangan dan Agroindustri
Vol. 5 No. 1 (2017)

KEBAB RICA RICA: INOVASI KULINER SIAP SAJI KHAS SULAWESI UTARA SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN KULINER BANGSA

Ali Mashuri (Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya)
Elok Zubaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2017

Abstract

Seiring perkembangan jaman, masyarakat Indonesia semakin disibukkan dengan berbagai aktivitas, seperti bekerja, sekolah dan lainya. Hal ini menyebabkan pola makan masyarakat semakin berubah. Masyarakat  membutuhkan makanan yang dikemas secara modern, praktis dan cepat saji. Ayam Rica-Rica merupakan makanan khas Manado yang terkenal dengan rasa pedasnya. Mempertimbangkan peluang bisnis di dunia kuliner, maka diciptakan sebuah bisnis Kebab Rica-Rica. Kebab Rica-Rica adalah kebab yang berisi nasi, ayam rica-rica, lauk, sambal dan mayonais. Tujuan bisnis ini adalah melestarikan dan menjadikan kuliner khas Manado sebagai makanan cepat saji, praktis, enak, bergizi, ekonomis, dan modern serta memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap makanan cepat saji.  Metode yang digunakan meliputi persiapan, pemantapan riset pasar dan formulasi produk, perancangan strategi pemasaran, sertifikasi produk, analisis pangan, penjualan. Saat ini, Kebab Rica-Rica memiliki dua outlet, dua pegawai, dan setelah lima bulan penjualan, Kebab Rica-Rica mendapatkan omset Rp. 10.500.000. Kebab Rica-Rica telah mendaftarkan paten merk (HAKI) dan dalam proses pendaftaran sertifikasi P-IRT melalui LPPM Universitas Brawijaya. Berdasarkan hasil pengujian analisis pangan, Kebab Rica-Rica mengandung protein 6.14% lemak 7,14% air 56,46% abu 1,97% dan karbohidrat 28,29%. Kata kunci: fast food, kebab, Kebab Rica-Rica, khas Indonesia 

Copyrights © 2017