Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses Belajar dari Rumah (BDR) yang dilaksanakan oleh peserta didik dari Kelompok Bermain Kurnia Bakunase. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Waktu penelitian dari bulan Mei-Juni 2021 yang berlangsung di Kelompok Bermain Kurnia, Bakunase, Kota Kupang NTT. Informan dari penelitian ini berjumlah dua belas orang anak (semua peserta didik di KB Kurnia pada Tahun Ajaran 2020/2021) yang berusia empat sampai lima tahun, satu orang guru, dan orangtua murid. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh yaitu Kelompok Bermain Kurnia memiliki strategi khusus dalam melaksanakan proses Belajar dari Rumah (BDR) yang tidak menyulitkan orangtua dan anak seperti belajar tidak selalu melalui daring, adanya workshop sebelum orangtua menjalankan BDR bersama anak, orangtua dan anak tidak harus menyelesaikan semua tugas dalam satu hari, orangtua diberikan kebebasan untuk memanfaatkan alat dan bahan di rumah menjadi media pembelajaran dan penilaian dilakukan oleh orangtua sendiri karena orangtualah yang paling memahami perkembangan anak yang tentunya dengan bimbingan dari guru.
Copyrights © 2021