Flight Attendant Kedirgantaraan: Jurnal Public Relation, Pelayanan, Pariwisata
Vol 5 No 01 (2023): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan

PENGARUH KEMAMPUAN KERJA KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PT GAPURA ANGKASA DI BANDAR UDARA RADIN INTEN II LAMPUNG

Dimas Bayu Badra (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta)
Yulia Aji Puspitasari (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Menurut Robbins and Judge (2011) kemampuan (ability) berarti kapasitas seorang individu untuk melakukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan. Khasanah (2013) mendefinisikan kualitas pelayanan sebagai penilaian pelanggan atas keunggulan atau keistimewaan suatu jasa atau layanan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja karyawan terhadap kualitas pelayanan di PT Gapura Angkasa di Bandar Udara Radin Inten II Lampung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan kerja karyawan terhadap kualitas pelayanan PT Gapura Angkasa di Bandar Udara Radin Inten II Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. populasi dalam penelitian ini adalah 1.015 konsumen/penumpang dan sampel dari penelitian ini adalah 100 orang dari konsumen/penumpang. Untuk uji validitas menggunakan teknik kolerasi produk moment pada level of signifikan 5% (0,05) dengan derajat r tabel =0,196, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa dengan 20 pertanyaan yang tercantum pada kuisoner telah valid dan reiliabel. Hasil dari analisis regresi linier sederhana Kemampuan Kerja berpengaruh secara parsial terhadap Kualitas Pelayanan dengan nilai t hitung 10,437 > t tabel 1,984 dan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian dari hasil uji koefisiensi determinasi diperoleh nilai sebesar 0,526 atau 52,6% sedangkan sisanya 47,4% dipengaruhi oleh variabel lain.

Copyrights © 2023