cover
Contact Name
Ika Fathin Resti Martanti
Contact Email
ika.fathin@sttkd.ac.id
Phone
+6285743418861
Journal Mail Official
jfa@sttkd.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Jl. Parangtritis No.KM.4,5, Druwo, Bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Flight Attendant Kedirgantaraan: Jurnal Public Relation, Pelayanan, Pariwisata
ISSN : 24601454     EISSN : 29626765     DOI : -
Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan invites manuscripts in the areas of: - Services - Tourisms - Public Relation, and - Hospitality
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 71 Documents
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG BISNIS TERHADAP PENYAJIAN MAKANAN PADA MASKAPAI CHINA AIRLINES DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA Kartika Fajar Nieamah; Sri Sutarwati; Yois Dillian
Jurnal Flight Attendant Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.328 KB)

Abstract

Penumpang bisnis Maskapai China Airline diberikan sebuah pelayanan di ruang tunggu (Boarding room) di terminal 2 Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya diantaranya adalah pelayanan makan (breakfast, luch, dinner). Dalamdunia industri penerbangan, faktor kepuasan sangat di pengaruhi oleh pelayanan dan fasilitas yang diberikan olehperusahaan, termasuk dalam penyajian makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis makanan yang disajikan kepada penumpang bisnis diruang tunggu ( executive lounge ) pada Maskapai China Airline di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Selain itu, untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang bisnis terhadap penyajian makanan pada Maskapai China Airline di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Data penelitian ini didapatkan dari penumpang yang dimintai tanggapan melalui kuisioner yang diberikan. Respoden dalam penelitian ini adalah penumpang bisnis di ruang tunggu executive maskapai China Airline Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Kuisioner penelitian ini digunakanuntuk mengukur variabel tingkat kepuasan penumpang. Hasil analisis data dengan uji-t rata-rata kepuasan penumpang bisnis terhadap penyajian makanan pada penumpang maskapai China Airlines di bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Hal ini dibuktikan bahwa penumpang bisnis Maskapai China Airlines lebih menyukai hidangan makanan yang berasal dari Indonesia hal itu dikarenakan penumpang bisnis banyak berasal dari dalam negeri, jenis makanan yang disajikan kepada penumpang bisnis Maskapai China Airlines diantaranya adalah : Nasi soto madura, Rawon surabaya, Nasi Goreng, dan lain-lain. Hasil analisis uji-t rata-rata menunjukkan bahwa terdapat tingkat kepuasan penumpang bisnis Maskapai China Airlines terhadap penyajian makanan di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya berada pada nilai 0,385 dan berada diantara 0,300 – 0,399 yang masuk dalam kriteria puas.
STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN CUSTOMER SERVICE KEPADA PENUMPANG WISATAWAN ASING DAN DOMESTIK DI BANDAR UDARA ADI SOEMARMO SOLO Maria Valeria Roelyanti; Yayu Sri Rahayu; Resti Eka Wahyu Romadhani
Jurnal Flight Attendant Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.28 KB)

Abstract

Bandar Udara Adi Soemarmo merupakan tonggak kemajuan kota solo sebagai destinasi wisata bagi wisatawan asing maupun domestik. Maka dari itu keberadaan Customer Service sebagai pusat informasi utama bagi para wisatawan asing maupun domestik untuk mencari informasi mengenai seputar Bandar Udara Adi Soemarmo atau bahkan informasi seputar Jawa Tengah bagi para pendatang atau wisatawan sangat penting.Seorang Customer Service Bandar Udara memiliki peran dan fungsi yang sedikit berbeda dengan Customer Service perusahaan yang bergerak di bidang jasa lainnya. Customer Service Bandar Udara akan dihadapkan pada sejumlah pelanggan yang berasal dari suku, bangsa, agama, dan latar belakang ekonomi yang berbeda. Begitu beragam latar belakang penumpang yang harus dilayani dengan baik, membuat seorang Customer Service sebuah Bandar Udara harus memiliki skill komunikasi yang baik, karena mereka merupakan pusat informasi utama dalam Bandar Udara tersebut. Jadi, seorang Customer Service Bandar Udara diharapkan mampu untuk meminimalisir kesalahan informasi atau pesan yang akandisampaikan kepada penumpang karena akan berkelanjutan dengan pemahaman penumpang selanjutnya Jadi, seorang Customer Service di sebuah Bandar Udara harus memiliki strategi komunikasi yang baik dalam melayani penumpangnya, baik penumpang wisatawan asing maupun domestik. Strategi komunikasi yang ditunjukan seorang customer service di Bandar Udara Adi Soemarmo dalam melayani penumpang wisatawan asing maupun domestik yaitu dengan strategi 5S ( Senyum, salam, sapa,sopan, santun), kecerdasan atau pengetahuan yang luas, handal dalam berkomunikasi, dan cepat tanggap dalam menyelesaikan permasalahan serta penampilan yang rapi dan menarik dari para pegawai Customer Service.Tidak ada perbedaan strategi pelayanan dalam menangani penumpang wisatawanasing maupun domestik.
PENGARUH PELAYANAN ANNOUNCEMENT TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL AHMAD YANI SEMARANG Rahimudin; Sofiana Arbain
Jurnal Flight Attendant Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.166 KB)

Abstract

PT Angkasa Pura I (Persero) merupakan salah satu Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor perhubungan yang bergerak dalam bidang pengelolaan dan pengusahaan kebandarudaraan, serta pelayanan jasa navigasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan announcement terhadap kepuasaanpenumpang di Bandara Ahmad Yani Semarang. Announcement tersebut dengan menggunakan dua sistem, yaitu : system automatic announcement dimana pengumuman dilakukan menggunkan mesin suara dan system manual announcement dimana pengumuman dilakukan oleh petugas informasi. Pelayanan petugas informasi merupakan tindakan untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh penumpang agar kepuasaan dapat dirasakan, jika kinerja sesuai harapan maka penumpang akan merasa puas sedangkan kinerja tidak sesuai harapan maka penumpang akan kecewa. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuisioner yang dibagikan kepada penumpang sebanyak 80 responden. analisis data dilakukan dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana dengan Program SPSS for windows versi 15.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan konstanta sebesar 8,027, koefisien regresi sebesar 0,665 (positif). Hasil uji F adalah nilai signifikan f <0,05 dari uji anova atau uji F sebesar 80,547 dengan nilai signifikan 0,000. Hasil tabel summary nilai koefisien determinasi atau nilai R Square sebesar 0.508 atau 50,80%. sisanya 49,2% merupakan variabel lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu bahwa variabel pelayanan PT. Angkasa Pura I (Persero) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasaan penumpang.
HUBUNGAN ANTARA KINERJA PETUGAS ARRIVAL HALL DALAM PELAYANAN BAGASI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA Vidyana Mandrawaty; Sri Sutarwati; Vela Erdiana
Jurnal Flight Attendant Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.909 KB)

Abstract

Semakin berkembangnya jasa transportasi udara saat ini, perusahaan penerbangan berusaha meningkatkan kinerjanya termasuk kinerja petugas Arrival Hall yang bertugas menangani pelayanan bagasi. Garuda Indonesia merupakan maskapai terbesar Indonesia dan terkenal memberikan pelayanan yang prima. Oleh karena itu dalam memberikan pelayanan bagasi petugas Arrival Hall dituntun untuk menghasilkan kinerja yang baik agar dapat memberikan kepuasan kepada penumpang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kinerja petugas Arrival Hall dalam pelayanan bagasi dengan tingkat kepuasan penumpang Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Penelitian ini menggunakan data primer. Data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada penumpang Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Metode analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi (Correlation Analysis) dengan program Microsoft Excel 2007 dan SPSS 15.0. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis koefisen korelasi menghasilkan nilai r = 0,5721 dikategorikan bahwa variabel kinerja petugas Arrival Hall dan variabel tingkat kepuasan penumpang mempunyai hubungan cukup kuat. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada hubungan antara variabel kinerja petugas Arrival Hall dengan variabel kepuasan penumpang Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.
PENGARUH PELAYANAN PETUGAS TICKETING TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG DI PT GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK CABANG SOLO Wawan Riyanta; Soejoedono; Elvira Agustina
Jurnal Flight Attendant Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.994 KB)

Abstract

Pelayanan merupakan salah satu produk utama dari airlines yang dapat menjadi tolak ukur dari profesionalisme airlines bagi para pengguna jasa dan merupakan salah satu faktor persaingan diantara perusahaan. Garuda Indonesia merupakan maskapai yang selalu memberikan pelayanan prima, oleh karena itu dalam memberikan pelayanan petugas ticketing dituntut untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik agar dapat memberikan kepuasan kepada semua penumpangnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan petugas ticketing terhadap tingkat kepuasan penumpang di PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk Cabang Solo .Penelitian ini menggunakan data primer. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada penumpang Garuda Indonesia di PT. Garuda Indonesia (Tbk) Cabang Solo. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan Program SPSS for windows versi 15.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu bahwa pelayanan petugas Ticketing berpengaruh secara signifikan dengan kepuasan penumpang dengan nilai signifikansi F sebesar 0.000 (0,05), hal ini berarti ada pengaruh signifikan antara variabel pelayanan petugas ticketing terhadap kepuasan penumpang.
KELUHAN PENUMPANG PADA PELAYANAN UNIT INFORMASI PT ANGKASA PURA BANDARA ADI SOEMARMO SOLO Kartika Fajar Nieamah
Jurnal Flight Attendant Vol 3 No 2 (2016): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.451 KB)

Abstract

Perkembangan industri penerbangan disebabkan karena meningkatnya jumpah pengguna jasa transportasi udara. Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga membutuhkan transportasi udara ketika hendak bepergian dari provinsi satu keprovinsi lain. Indonesia memiliki bandara yang tersebar di seluruh provinsi baik bertaraf nasional maupun internasional. Bandara adi Sucipto merupakan salah satu bandara bertaraf internasional yang terletak di Solo. Salah satu fasilitas pelayanan yang diberikan di bandara Adi Sucipto adalah unit informasi. unit informasi merupakan salah satu sarana informasi yang langsung berhubungan dengan penumpang. Unit informasi merupakan salah satu fasilitas yang diberikan untuk penumpang. Unit informasi dalam memberikan pelayanan harus cepat dan tepat, hal ini berpengaruh terhadap kepuasan para pengguna jasa. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna jasa.Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan unit informasi dalam melayani jasa, mendiskripsikan mutu dan kualitas pelayanan informasi di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo, untuk mengetahui kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan unit informasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari sumber asli atau pihak pertama melalui observasi terhadap pengguna jasa dan wawancara terhadap petugas unit informasi. Data sekunder adalah data yang didapat secara tidak langsung, misalnya dari studi pustaka, arsip, catatan dokumen berupa jadwal penerbangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan pelayanan petugas unit informasi masih kurang akurat dan teruji kebenaranya, kurang tepat waktu dalam memberikan informasi, kurang berkerjasama dengan unit-unit atau maskapai yang berada di bandar udara, kurang cepat dan tanggap, fasilitas yang digunakan unit informasi masih manual, hal ini dapat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa. Pengguna jasa merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan kepada unit informasi, hal ini disebabkan karena di unit informasi masih menggunakan fasilitas-fasilitas yang manual sehingga informasi yang diberikan terlambat atau tidak tepat waktu dan kurang akurat.
GAYA KERJA YANG MENCAKUP CHIME PADA PEMBELAJARAN CREW RESOURCE MANAGEMENT DI ANGKASA TRAINING CENTER PADA INITIAL FLIGHT ATTENDANT BATCH 365 BATIK AIR Nanik Riananditasari; Syifa Hersafitri
Jurnal Flight Attendant Vol 3 No 2 (2016): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.238 KB)

Abstract

Beberapa tahun terakhir ini kecelakaan pesawat banyak di akibatkan oleh kesalahan manusia atau human error. Kemudian dikeluarkan kebijakan setiap crew yang bekerja di dunia penerbangan harus mendapatkan training crew resource management yang di antaranya membahas mengenai gaya kerja CHIME atau Commanding Humanistic Indifferent Marginal and Enlightening. Gaya kerja CHIME berhubungan dengan cara kerja seseorang dalam mengambil keputusan, menyampaikan gagasan dan mengendalikan konflik yang akan mempengaruhi kerja sama tim dan berpengaruh dengan terjadinya human error dalam penerbangan. Penelitian ini memusatkan perhatian pada rekapitulasi nilai gaya kerja CHIME siswa training Initial Flight Attendant Batch 365 Batik Air sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran Crew Resource Management. Dari hasil pembelajaran Crew Resource Management mengenai gaya kerja CHIME terdapat perbedan perolehan nilai siswa Angkasa Training Center initial Flight Attendant Batch 365 Batik Air sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran Crew Resource Management yaitu menurunnya nilai gaya kerja Indiferent yang berorientasi pada “masa bodoh” atau acuh tak acuh dan naiknya nilai dari gaya kerja enlightening yang berorientasi pada prestasi atau keberhasilan. Kedua gaya kerja tersebut menjadi yang paling berpengaruh karena berhubungan dengan kerja tim pada saat seorang kru sedang bekerja dalam penerbangan.
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN B2B (BUSINESS TO BUSINESS) DAN B2C (BUSINESS TO CUSTOMER) TERHADAP CARA PEMBELIAN TIKET PESAWAT DI LINGKUNGAN MAHASISWA Sudirman Hi Umar; Nuryati; Solihatiningsih
Jurnal Flight Attendant Vol 3 No 2 (2016): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.404 KB)

Abstract

Tiket pesawat merupakan bentuk perjanjian antara pembeli jasa penerbangan dengan perusahaan penerbangan. Tiket berisi jadwal penerbangan, rute penerbangan, harga, nama pembeli, kode pemesanan, dan sebagainya. Penjualan tiket merupakan penghasilan terbesar suatu perusahaan penerbangan yang bergelut dalam penerbangan sipil. Perusahaan penerbangan tentunya akan melakukan berbagai strategi dalam menunjang pemasaran produknya. Termasuk penggunaan strategi pemasaran B2B dan B2C. Penjualan tiket pesawat tersebar dalam berbagai cara, baik membeli pada perusahaan penerbangan langsung dengan cara memesan melalui website perusahaan atau ticketing office perusahaan maupun melalui agen penjual tiket pesawat atau melalui aplikasi penjual tiket pesawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi pemasaran B2B dan B2C terhadap cara pembelian tiket pesawat di lingkungan mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Ticketing Office PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk Cabang Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan menyebarkan 100 kuesioner. Kuesioner yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana menggunakan programstatistik SPSS release 15.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis nol diterima, yaitu strategi pemasaran B2B dan B2C secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap cara pembelian tiket pesawat di lingkungan mahasiswa dengan nilai signifikansi F sebesar 0,340 yang berada di atas tingkat signifikansi (α) 0,05. Pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa R2 bernilai 0,009 yang berarti pengaruh strategi pemasaran B2B dan B2C terhadap cara pembelian tiket pesawat di lingkungan mahasiswa hanya sebesar 0,9%. Sementara 99,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
PELAYANAN KEPARIWISATAAN OLEH CUSTOMER SERVICE OFFICER (CSO) KEPADA CUSTOMER DI PT ANGKASA PURA I BANDAR UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI BALI Yuniar Istiyani; Winda Yuliana
Jurnal Flight Attendant Vol 3 No 2 (2016): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.394 KB)

Abstract

Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai merupakan lalu lintas pariwisata dikarenakan Bali mempunyai obyek wisata yang menarik bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. PT (Persero) Angkasa Pura I mempunyai suatu unit yang ditugaskan untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan sesuai kebutuhan, unit ini adalah unit CSO (Customers Service Officer). Unit CSO juga berperan dalam memberikan pelayanan informasi pariwisata. Peranan customer service dalam memajukan kepariwisataan menarik untuk dikaji. Tujuan dari kajian ini adalah mengkaji peranan customer service officer untuk memajukan pariwisata di Bali, dan mengetahui pelayanan kepariwisataan yang diberikan customer oleh customer service officer. Penelitian ini bersifat kualitatif, sedangkan metode yang digunakan metode deskriptif. Dalam penyusunannya dilakukan dengan penelitian lapangan yang memanfaatkan data-data primer dari hasil wawancara yang didukung dengan data sekunder.Pelayanan kepariwisataan yang diberikan kepada customer oleh customer service officer dapat mewujudkan pelayanan yang memuaskan kepada customer dan beberapa pelayanan kepariwisataan yang diberikan customer service officer kepada customer yakni pelayanan public information desk dan pelayanan telephone information center.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI KOTA YOGYAKARTA Muhammad Iqbal Irwansyah
Jurnal Flight Attendant Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.369 KB) | DOI: 10.56521/attendant-dirgantara.v4i1.395

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan sebuah upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen dengan cara membandingkan antara presepsi para konsumen atas pelayanan yang mereka terima dengan pelayanan yang mereka harapkan, dalam penelitian ini khusus mengenai kepuasan pelanggan maskapai Garuda Indonesia dikota Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan maskapai Garuda Indonesia dikota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data dan pelanggan maskapai Garuda Indonesia dikota Yogyakarta sebagai sampel. Pengolahan data menggunakan analisis regresi linier sederhana melalui aplikasi IBM SPSS Statistic. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang mana hal tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan maskapai Garuda Indonesia dikota Yogyakarta. Didalam penelitian ini ditemukan bahwa nilai thitung 9,163 > ttabel 1,659 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji R2 ditemukan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan maskapai Garuda Indonesia dikota Yogyakarta sebesar 45,6% yang berarti pengaruh kualitas pelayanan termasuk dalam korelasi sedang.