Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 01 (2022): Jurnal Edumatic: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengaruh Aktivitas Belajar Dan Regulasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Daring Siswa Smp Negeri 1 Kebonagung

Nely Indra Meifiani (Unknown)
Budi Tri Asmoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2021

Abstract

Abstrak—Pembelajaran daring yang dilaksanakan SMP N 1 Kebonagung pada masapandemi covid-19 mengkondisikan siswa untuk belajar di rumah. Proses pembelajaran yangtidak cukup mudah karena siswa dituntut untuk belajar mandiri. Banyak hal yang turutmempengaruhi hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring selama ini. Berdasarkan hasilobservasi maka pada penelitian ini peneliti memiliki asumsi bahwa terdapat pengaruhaktivitas belajar dan regulasi diri terhadap hasil belajar siswa. Dengan menggunakanpenelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian ex-post facto di mana melibatkan 70 siswasebagai sampel penelitian, peneliti mengumpulkan data dengan metode daring dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresilinier berganda dengan 3 variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabelregulasi diri yang mempengaruhi hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edumatic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JE:Jurnal Edumatic merupakan open acces jurnal yang berfokus pada bidang pendidikan Matematika. DIterbitkan oleh program studi pendidikan Matematika STKIP PGRI Pacitan, terbit sejak tahun 2020 secara berkala Edumatic mempublikasikan terbitan pada bulan Januari dan Juli. Pada tahun 2022 karena ...