ihyaulum
Vol 1 No 1 (2023): Ihya Ulum : Early Childhood Education Journal

Penanaman Nilai-Nilai Kedisiplinan pada Anak Melalui Permainan Tradisional (Kelereng) di Kelompok B TK Pertiwi X Belalang

Sri Wardayanti Ridwan (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2022

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelompok B TK Pertiwi X Belalang yang berjumlah 15 orang yang dimana terdiri dari 1 kepala sekolah, 1 guru kelompok B, 6 perempuan, 7 laki-laki. Berdasarkan hasil assesment ditemukan fakta lapangan bahwa tingkat kedisiplian anak kelompok B TK Pertiwi X Belalang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui nilai- nilai kedisiplinan yang diterapkan dikelompok B TK Pertiwi X Belalang, 2) Untuk mengetahui efektifitas permaian tradisional dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan dalam TK Pertiwi X Belalang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya kedisiplian tau akan haknya, menaati aturan kelas, mengatur diri sendiri. hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses penanaman nilai-nilai kedisiplinan menggunakan permaian tradisional sudah berkembang baik. hal ini dibuktikan dari keseluruhan peserta didik kelompok B yang berjumlah 13 anak hanya 1 anak saja yang belum miliki kedisiplinan yang baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ihyaulum

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal is a research-based journal that contains the latest issues in educational development in the field of Early Childhood Education. This journal is published by the Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and ...