ihyaulum
Vol 1 No 2 (2023): Jurnal of Elementary Education

Penerapan PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Lingkungan Hidup Anak

Nurlaelah Yodding (STAI Al Ghazali Bulukumba)
Mirna (STAI Al Ghazali Bulukumba)
Siskatul Patlia (STAI Al Ghazali Bulukumba)
Rani (STAI Al Ghazali Bulukumba)
Muhammad Restu Susanto (STAI Al Ghazali Bulukumba)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Studi kuantitatif ini bertujuan untuk menyelidiki dan mengevaluasi keberhasilan penggunaan metode pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan sains lingkungan hidup pada anak usia dini di TK Islam Assalam Bantaeng. Kegiatan pembelajaran dengan PBL dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan, dengan fokus pada kemampuan mengamati proses pertumbuhan tanaman, membandingkan perbedaan jenis-jenis tanaman, mengklasifikasikan bentuk tanama, serta mengukur jenis tanaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi-experiment). Desain penelitian menggunakan one-group pretest dan posttest. Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem-Based Learning (PBL). Sampel penelitian ditentukan melalui purposive sampling yaitu penentuan sampel berbadasrkan kriteria meliputi umur anak 5-6 tahun, bersedia untuk dijadikan sampel penelitian sehingga sampel penelititian yang memenuhi kriteria adalak kelompok B1 dengan jumlah 15 anak didik. Proses penelitian dilakukan dengan memberikan pretes sebelum perlakuan dan postest setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan sains lingkungan hidup pada anak usia dini di TK Islam Assalam Bantaeng. Implikasinya adalah pentingnya menerapkan metode PBL dalam pendidikan lingkungan hidup untuk anak usia dini, membantu mereka memahami pentingnya menjaga lingkungan sejak dini, dan merangsang sikap peduli terhadap lingkungan sekitar mereka. Selain itu, pendekatan ini juga berkontribusi pada pengembangan inovasi pendidikan dengan mengaitkan konsep sains lingkungan hidup dengan masalah dunia nyata yang relevan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ihyaulum

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal is a research-based journal that contains the latest issues in educational development in the field of Early Childhood Education. This journal is published by the Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and ...