Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi
Vol 2 No 2 (2020)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA ISLAM SAMARINDA

Muhammad Saizjulmian Noor (Universitas Mulawarman)
Sudarman Sudarman (Universitas Mulawarman)
Made Ngurah Partha (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Islam Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa – siswi kelas X IPS 1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hipotesis penelitian ini di uji menggunakan mann whitneyt karena data tidak berdistribusi normal untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh rata – rata antara dua kelompok sampel yang tidak berhubungan. Berdasarkan analisis data diperoleh rata – rata nilai hasil belajar ekonomi untuk kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 16,8 (28%), sedangkan untuk kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 14,3 (26,8%). Pada perhitungan uji mann whitney yang diketahui nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa “ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Islam Samarinda” .

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

prospek

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi published by the Department of Economic Education, the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mulawarman, which is published twice a year in June and December. It contains articles of research or study of literature in the field of ...