cover
Contact Name
Vitria Puri Rahayu
Contact Email
vitria.puri@fkip.unmul.ac.id
Phone
+6285608927271
Journal Mail Official
prospekjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Banggeris No 89, Karang Anyar, Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, 75127
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27210855     DOI : https://doi.org/10.30872/prospek
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi published by the Department of Economic Education, the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mulawarman, which is published twice a year in June and December. It contains articles of research or study of literature in the field of Economic Education. Articles are written in Indonesia.
Articles 40 Documents
HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL DI SMK NEGERI 4 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 Dewi Agnesia; Made Ngurah Partha; Nasib Subagio
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi Vol 3 No 1 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/prospek.v3i1.802

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi guru dengan nilai ujian nasional di SMK Negeri 4 Samarinda Tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan dilaksanakan di SMK Negeri 4 Samarinda. Data yang digunakan adalah data nilai ujian nasional pada tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan metode Angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan pengujian signifikan menggunakan uji t. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada hubungan yang signifikan antara kompetensi guru dengan nilai ujian nasional di SMK Negeri 4 Samarinda tahun pembelajaran 2018/2019. Dari hasil penelitian pihak sekolah dapat menyelenggarakan pelatihan agar lebih mengembangkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.
ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA SAMARINDA PERIODE 2014 – 2018 Muklis Firmansyah; Kaspul; Vitria Puri Rahayu
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi Vol 3 No 1 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/prospek.v3i1.804

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pajak daerahterhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Samarinda pada periode 2014 – 2018. Jenispenelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakanyaitu data sekunder dengan mengunkan metode dokumentasi dan studi pustaka. Alat analisisyang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio kontribusi pajak daerah. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa elemen pajak daerah yang memberikan kontribusi terbesar terhadappeningkatan pendapatan daerah adalah pajak penerangan jalan dengan rata-rata kontribusiselama periode lima tahun adalah 20,00%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa kontribusi pajak daerah periode 2014 - 2018 cukup baik terhadap Pendapatan AsliDaerah Kota Samarinda.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR DAN TANPA MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SANGATTA UTARA Aisyah Rizky Amalia; Sudarman; Kadori Haidar
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi Vol 3 No 1 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/prospek.v3i1.806

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswayang diajarkan menggunakan model coopertative learning numbered heads togetherdengan media gambar dan tanpa media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah Quasi eksperimen. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIPS SMA Negeri 1 Sangatta Utara dengan kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen 1 dankelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hipotesis penelitian ini di ujimenggunakan Independent Sample t-Test untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaanhasil belajar siswa. Hasilnya terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa menggunakanmodel coopertative learning numberhed together dengan media gambar dan tanpa mediagambar di tinjau dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
HUBUNGAN KAPABILITAS PROMOSI JABATAN DENGAN RODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. NUNUKAN BARA SUKSESTAHUN 2020 Kristina; Made Ngurah Partha; Noor Ellyawati
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi Vol 3 No 1 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/prospek.v3i1.807

Abstract

Jenis penelitian digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalahkaryawan perusahaan PT. Nunukan Bara Sukses sebanyak 105 karyawan. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dankusioner.Hasil penelitian product moment Didalam uji r didapatkandari hasil penelitian,jumlah karyawan yang menjadi subyek sebanyak 77 responden. Kesimpulan hasil penelitianbahwa promosi jabatan dapat dikualifikasikan pada tingkat yang baik sesuai dengankemampuan karyawan sehingga dapat memberikan motivasi dan semangat kerja untukbekerja lebih baik dan produktivitas kerja karyawan dikualifikasikan pada tingkat baik,karena sejalan dengan visi misi perusahaan untuk mengutamakan karyawan yangberprestasi.
HUBUNGAN PERHATIAN DAN PERAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LONG IRAM Firda Saman; Made Ngurah Partha; Kaspul
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi Vol 3 No 1 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/prospek.v3i1.808

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan perhatian dan peran orangtua dengan pretasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Long Iram. Jenis penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswakelas VIII yang berjumlah 130 siswa, dan sampel yang diteliti sebanyak 32 siswa. Metodeyang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Analisis datamenggunakan korelasi product moment. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan,maka hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian dan peran orang tua memilikihubungan yang sedang dengan prestasi belajar. Dari hasil penelitian disarankan Orang tuahendaknya lebih memperhatikan prestasi belajar anaknya dengan memberikan perhatian danperan secara optimal.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA Angga Pratama Saputra; Sudarman; Kaspul
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/prospek.v3i2.809

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kelayakan penggunaanmodul pembelajaran ekonomi berbasis guided inquiry (2) respon siswa dan guru terhadappengembangan modul pembelajaran ekonomi berbasis guided inquiry di SMA Negeri 5Samarinda, (3) hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang diterapkan dalampengembangan ini berbasis guided inquiry. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitianini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMA Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian yang diperoleh terlihat bahwa (1) hasil produk dan penerapan modulberbasis guided inquiry yang telah dikembangkan pada mata pelajaran ekonomi untuk kelasX IPS 2 di SMA Negeri 5 Samarinda telah berhasil di terapkan melalui beberapa proses ujikelayakan yang di lakukan oleh tim ahli materi dan tim ahli media.
PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS COLT DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA Fachrie Rizali; Sudarman; Made Ngurah Partha
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/prospek.v3i2.810

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan dan mengimplementasikanhasil rancangan e-modul pembelajaran ekonomi berbasis CoLT dan mengetahui respon gurudan siswa terhadap pengembangan e-modul pembelajaran ekonomi berbasis CoLT di SMANegeri 5 Samarinda. Model pembelajaran yang diterapkan dalam pengembangan modulelektronik ini adalah model Collaborative Learning Techniques. Jenis penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan modelpengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMA Negeri 5Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap emodulsistem komputer diperoleh dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitianyang diperoleh terlihat bahwa hasil rancangan dan implementasi e-modul berbasis CoLTyang telah dikembangkan pada mata pelajaran ekonomi untuk kelas X di SMA Negeri 5Samarinda dinyatakan berhasil diterapkan berdasarkan beberapa uji yang dilakukan.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MULAWARMAN Khasanatun Ristinah; Made Ngurah Partha; Noor Ellyawati
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/prospek.v3i2.811

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan akademikterhadap kepuasaan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas MulawarmanTahun 2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah 264 dengan sampel 73 mahasiswa. Teknikpengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner.Teknik Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana serta uji t. Hal inimenunjukkan terdapat pengaruhg signifikan dan positif antara kualitas pelayanan terhadapkepuasaan mahasiswa. Artinya jika nilai kualitas pelayanan (X) bertambah, maka nilaikepuasaan mahasiswa (Y) juga akan meningkat. Kualitas pelayanan akademik berpengaruhsignifikan terhadap kepuasan mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UniversitasMulawarman.
KAJIAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA MATA PELAJARAN EKONOMI Jeremias Murin Laga; Sudarman; Noor Ellyawati
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/prospek.v3i2.812

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar pada setiap penelitianyang menggunakan model pembelajaran cooperative learning periode 2014-2019. Penelitianini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode analisisdeskriptif. Penelitian kepustakaan dilakukan yaitu dengan jalan mengumpulkan data,mengklarifikasi, menyusun dan menginterpretasinya. Dalam penelitian ini sumber bacaanyang digunakan adalah jurnal ilmiah yang telah diterbitkan dan dapat diakses secara online.Hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan pada penelitian ini dapatdisimpulkan bahwa semua penelitian yang yang sudah dilaksanakan menyatakan bahwapenerapan model pembelajaran Cooperative Learning dapat berpengaruh pada peningkatanhasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari setiap penelitian yang dilakukan tidak lah sama.Meskipun sama-sama mengalami peningkatan hasil belajar, tetapi nilai peningkatannyaberbeda antara satu penelitian dengan penelitian yang lain, karena terdapat kondisi yangberbeda pada masing-masing penelitian.
ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN (STOCK CONTROL) BARANG PADA SW SHOP ACCESSORIES BILLIARD SAMARINDA TAHUN 2018 Muhammad Egy Asrian; Kaspul; Ratna Fitri Astuti
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/prospek.v3i2.813

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi mengenai persediaanpemesanan dan persediaan barang pada SW Shop Accessories Billiard Samarinda tahun 2018.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitianini adalah stik billiard dari SW Shop Accessories Billiard Samarinda. Data yang diambilsebanyak satu tahun pemesanan pada SW Shop Accessories Billiard yaitu pada tahun 2018dengan metode EOQ. Hasil penelitian menunjukan jumlah stik billiard yang seharusnyadipesan berdasarkan perhitungan EOQ yaitu sebanyak 393 pcs. Dari hasil penelitian tersebutSW Shop Accessories Billiard Samarinda sebaiknya dapat menerapkan perhitungan denganmetode EOQ dalam menentukan kuantitas pemesanan optimal.

Page 1 of 4 | Total Record : 40