Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat siswa SMA Negeri 14 Samarinda dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua faktor utama yang terbentuk dalam analisis faktor, yaitu faktor internal yang terbentuk dari faktor motivasi belajar dan faktor kemauan, yang memiliki nilai eigenvalues sebesar 1,044. Nilai faktor motivasi belajar yang telah didapat dengan menggunakan rotated factor adalah sebesar 0,585 dan nilai faktor kemauan yang didapat adalah sebesar 0,899. Faktor eksternal yang terbentuk yaitu faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan keluarga, yang memiliki nilai eigenvalues sebesar 1,044. Adapun nilai faktor lingkungan sekolah yang telah didapat dengan menggunakan rotated factor adalah sebesar 0,829 dan nilai faktor lingkungan keluarga yang didapat adalah sebesar 0,812.
Copyrights © 2022