Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi
Vol 5 No 1 (2023)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XSMA NEGERI 1 MUARA BENGKAL

Ita Novita Sari (Universitas Mulawarman)
Kadori Haidar (Universitas Mulawarman)
Noor Ellyawati (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2023

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar akan mempengaruhi minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas Xc IPS SMA Negeri 1 Muara Bengkal dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match yang sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran. (2) Meningkatkan nilai rata-rata kelas pada test awal sebesar 56,56 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 6,25%. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 71,25 dengan tingkat ketuntasan belajar 31,25%. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 79,37 dengan tingkat ketuntasan belajar 75%. Dan pada siklus III nilai rata-rata sebesar 91,56 dengan tingkat ketuntasan belajar 87,5%. (3) Hasil tersebut telah memenuhi ketercapaian indikator keberhasilan tindakan yaitu 75% siswa dalam satu kelas. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prospek

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi published by the Department of Economic Education, the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mulawarman, which is published twice a year in June and December. It contains articles of research or study of literature in the field of ...