Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran di kelas pada Kurikulum 2013 di SDN 3 Beleke tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Pada penelitian ini subjek penelitiannya ialah guru kelas IV A dan IV B Instrumen yang digunakan yaitu tes berbentuk angket dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu wawancara dan dokumentasi, dan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Milles & Huberman yaitu analisis model interaktif. Analsisis data berlangsung secara simultan mulai dari pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan atau verifikasi (conclution drawing & verifying). Hasil dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dihadapi oleh guru dalam merancang perencanaan pembelajaran di kelas tinggi. Dalam penelitian ini guru diberikan angket yang akan di isi dan juga diberikan pertanyaan-pertanyaan tentang perangkat pembelajaran. Ada beberapa kesulitan yang dihadapi oleh guru yaitu kesulitan dalam membuat media pembelajaran yang kongkrit, guru juga mengalami sedikit kesulitan dalam merumuskan penilain pembelajaran kepada siswa, namun secara keseluruhan guru tidak mengalami banyak kesulitan didalam menyusun perangkat pembelajaran.
Copyrights © 2023