Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 3 No 1 (2018): Dialektologi

PENGARUH TEKNIK AFFINITY GROUPING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP N 4 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Linda (SD N SERIGENI BARU Kabupaten OKI)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Affinity Grouping terhadap kemampuan memahami teks naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Jumlah populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 252. Sampel penelitian berjumlah 66 orang, dengan rincian 33 orang siswa kelas VIII.2 (kelas eksperimen) dengan menggunakan teknik affinity grouping dan 33 orang siswa kelas VIII.3 (kelas kontrol) dengan menggunakan teknik konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh terhadap tingkat kemampuan siswa, kenaikan rata-rata skor siswa kelas eksperimen yakni sebesar 76,67 dan kenaikan rata-rata kelas kontrol sebesar 16,06. Rata-rata skor nilai awal kelas eksperimen 59,39 dan rata-rata skor nilai awal kelas kontrol adalah 52,88.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...