cover
Contact Name
Iin Parlina
Contact Email
Parlina.ok0303@gmail.com
Phone
+6281373443897
Journal Mail Official
jurnaldialektologi@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sulaiman Raden Anom No.333 Lintas Timur Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan komering ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal DIALEKTOLOGI
Core Subject : Education,
DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April dan Oktober. Berisi tulisan tentang kajian dan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia.
Articles 107 Documents
HUBUNGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENULIS CERPEN Alia
Dialektologi Vol 2 No 1 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i1.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media video animasi dalam menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Indralaya Selatan. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif korelasional. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 yang berjumlah 27 dari 30 siswa. Hasil analisis data dalam penggunaan media video animasi di kelas IX sebagai variabel X termasuk pada kategori cukup (60-69) dengan nilai rata-rata 63,18. Dan dalam menulis cerpen kelas IX sebagai variabel Y termasuk pada kategori baik (70-79) dengan nilai rata-rata 74,70. Ketercapaian tersebut menunjukkan kategori yang cukup. interpretasi koefisien nilai r antara 0,400-0,600 adalah interpretasi cukup. Perhitungan tersebut menunjukkan bahwa koefisien korelasi yang positif, maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel X dan Y mempunyai hubungan yang cukup. Untuk menentukan koefisien korelasi hasil perhitungan signifikan atau tidak, r hitung dibandingkan dengan r tabel dengan taraf kepercayaan 95% (taraf kesalahan 5%). Dengan N= 27, maka r tabel 0,4705 dan r hitung 0,507.
PENERAPAN STRATEGI PIKIR PLUS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS IKLAN BARIS Ernani; Dwi Purnama
Dialektologi Vol 2 No 1 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i1.54

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa menulis iklan baris dengan menggunakan strategi piker plus siswa kelas IX.6 Semester 1 SMP 2 KayuagungTahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan memodifikasi desain dengan dua siklus, yaitu siklus I dan dilanjutkan siklus II.Tiap siklus terdiri atas empat tindakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kelas IX.6 SMP Negeri2 Kayuagung, maka dapat disimpulkan bahwa: strategi piker plus terbukti dapat meningkatkan menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan, jelas. Hal ini terbukti dengan siswa yang mendapat nilai sama atau lebih tinggi dari dari KKM = 75 Pada pratindakan skor rata-rata menulis iklan baris siswa 15, kemudian setelah dilakukan siklus I skor rata-rata menulis iklanbaris siswa menjadi 17.16 dan bertambah pada siklus II menjadi 20.52. Peningkatan skor dari pratindakan, siklus I, dan siklus II adalah 5.52.
TEORI BHABHA DALAM TOKOH UTAMA NOVEL TAK HANYA SOAL PERKAWINAN DAN PERJODOHAN, TAPI MELAWAN PENJAJAH (STUDENT HIDJO) KARYA MAS MARCO KORTODIKROMO Iin Parlina; Husniati
Dialektologi Vol 2 No 1 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i1.55

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentu-bentuk diaspora Hidjo dalam novel Student Hidjo karya Mas Marco Kortodikromo, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan Hidjo dalam novel Student Hidjo karya Mas Marco Kortodikromo, (3) menjelaskan posisi Hidjo dalam novel Student Hidjo karya Mas Marco Kortodikromo, serta (4) menjelaskan Resistensi Hidjo dalam novel Student Hidjo karya Mas Marco Kortodikromo selama di Hindia Belanda. Metode dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan membaca novel serta analisis data yang dilakukan memilah kategori mana yang termasuk ke dalam bentuk diaspora, hibriditas,posisi dan resistensi. Hasil penelitian menunjukan empat hal pokok. Pertama, bentuk diaspora Hidjo dalam novel Student Hidjo karya Mas Marco Kortodikromo, terutama ketika ke Hindia Belanda, ia mengalami kontak dengan kebudayaan Indies. Hasilnya adalah hibriditas dalam aspek gaya bahasa, makanan, ideologi dan tradisi. Kedua, diaspora Hidjo ke Negeri Belanda di peengaruhi oleh Hidjo sebagai seorang pelajar, untutan orang tua, dan ikatan dengan tanah jawa. Ketiga, posisi Hidjo dalam novel Student Hidjo mencakup self atau sang diri, other atau liyan dan eitherior atau ambivalen. Keempat, resistensi Hidjo dalam novel Student Hidjo terdapat mimikri dan mockery ketika berada di Negeri Belanda.
INOVASI PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN INKUIRI Sri Suharti
Dialektologi Vol 2 No 1 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i1.56

Abstract

Pada hakikatnya pembelajaran apresiasi sastra di sekolah diharapkan dapat mempertajam kepekaan perasaan siswa. Guru dituntut untuk mampu memotivasi siswa agar mereka dapat meningkatkan minat baca terhadap karya sastra. Oleh sebab itu, seorang guru harus memiliki kemampuan menggunakan strategi, pendekatan, metode, model, atau teknik dalam pembelajaran sastra, dalam hal ini menulis puisi. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran menulis puisi adalah dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Diharapkan dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat menumbuhkan minat dan rasa ketertarikan siswa untuk menulis puisi sehingga mereka mempunyai kemampuan untuk mengapresiasi puisi dengan baik. Mengapresiasi puisi bukan hanya ditujukan untuk penghayatan dan pemahaman puisi melainkan juga berpengaruh mempertajam kepekaan perasaan, penalaran, dan kepekaan anak terhadap masalah kemanusiaan.
PENERAPAN TEKNIK NEIGHBORHOOD WALK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA ILMU AL-QURAN MUARA BARU KAYUAGUNG Triska Purnamalia; Tia Gustin Pratiwi
Dialektologi Vol 2 No 1 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i1.57

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi melalui penerapan teknik Neighborhood Walk Pada siswa kelas X SMA Ilmu Al-Quran Muara Baru Kayuagung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Ilmu Al-Quran yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap,yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengamatan, wawancara dan tes.Instrumen yang digunakan lembar observasi, instrumen tes, pedoman wawaancara. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan didukung dengan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa penerapan teknik Neighborhood Walk dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas X SMA Ilmu Al-Quran Muara Baru Kayuagung baik dari segi proses maupun hasil tes.
PENGARUH STRATEGI CATALISTING TERHADAP MENULIS TEKS PENGUMUMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGRI 4 LEMPUING JAYA KECAMATAN LEMPUING JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Tuti Alawiyah; Nita Lestari
Dialektologi Vol 2 No 1 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i1.58

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh strategi Catalisting dalam pembelajaran menulis teks pengumuman siswa kelas VII SMP Negri 4 Lempuing Jaya Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 dan VII.2 SMP Negri 4 Lempuing Jaya Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil dari hipotesis menunjukkan bahwa T-hitung (5,409) lebih tinggi dari Ttabel (1,668) dengan derajat kebebasan 66 pada taraf signifikan probability di bawah 0,05. Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, strategi Catalisting memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks pengumuman. Hal ini terlihat dari angka signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 yang berada di bawah taraf probability, yaitu 0,05.
METODE COOPERATIVEINTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN Yanti Sumarni
Dialektologi Vol 2 No 1 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i1.59

Abstract

Pembelajaran membaca di SD mempunyai peranan penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Melalui pembelajaran membaca, guru dapat mengembangkan nilai-nilai moral, kemampuan bernalar, dan kreatifitas anak didik.Kemampuan membaca selalu ada dalam setiap tema pembelajaran. Di dalam pembelajaran kooperatif terdapat bermacam-macam metode pembelajaran. Salah satunya adalah metode pembelajaran CIRC yang dirancang khusus untuk pembelajaran membaca dan menulis, untuk membedakan metode pembelajaran CIRC dengan metode pembelajaran kooperatif lainnya, berikut disampaikan beberapa ciri-ciri dari CIRC, yaitu: (1) adanya suatu tujuan kelompok; (2) adanya tanggung jawab tiap individu; (3) tidak adanya tugas khusus; (4) tiap anggota dalam satu kelompok memiliki kesempatan yang sama untuk sukses; (5) dibutuhkan penyesuaian diri tiap anggota kelompok.
ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK PADA NOVEL MIDAH SIMANIS BERGIGI EMAS KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER Alia
Dialektologi Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i2.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik, strukturalisme genetik khususnya pandangan dunia yang meliputi pandangan dunia tragik, subjek kolektif dan lingkungan sekitar, dan pandangan pengarang. Hubungan pengarang dan realita sejarah sebagai asal-usul karya sastra. Kemudian, pandangan pengarang meliputi latar sosial, latar ekonomi, latar agama, dan latar budaya. Pandangan pengarang dideskripsikan berdasarkan hubungan realita sejarah. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis. Teknik analisis data yang digunakan adalah membaca heuristic. Hasil analisis data dari penelitian yang berjudul Analisis Strukturalisme Genetik Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer Menurut unsur intrinsik antara lain: menggunakan plot di lihat secara kriteria isi. Tokoh dan penokohan, tokoh utama adalah Midah dan beberapa tokoh bawahan antara lain; Ayah atau Haji Abdul, Ibu, Haji Terbus, Riah, Mimin, Nini, Ahmad atau polisi, dan Bidan. Latar yang digunakan latar tempat menggambarkan kota Cibatok-Jakarta, latar waktu terjadi sekitar tahun50-an, latar sosial menggambarkan hubungan sosial yang terjadi. Sudut pandang pengarang dalam novel adalah pengarang sebagai narator ‘‘Dia” bersifat mahatahu. Tema novel tersebut adalah perjuangan perempuan melawan kehidupan yang keras dan kejam yang membuat dirinya harus tegar, kuat dan bertahan. Gaya bahasa yang tergambar dalam novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer diantaranya; aliterasi, litotes, metafora, alusio, hiperbola, dan sarkasme.
PROSES AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL 9 SUMMERS 10 AUTUMNS KARYA IWAN SETYAWAN Ernani; Nurma Saputri
Dialektologi Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i2.62

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakter tokoh utama dalam novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan dan mendeskripsikan pemenuhan kebutuhan sebagai proses aktualisasi diri tokoh utama dalam novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan. Melalui teori kebutuhan Abraham Maslow, meliputi kebutuhan fisiologi, kebutuhan akan keselamatan, kebutuhan rasa memiliki dan rasa cinta, kebutuhan akan harga diri, dan kebutuhan perwujudan diri (aktualisasi diri). Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah teks novel “9 Summers 10 Autumns” karya Iwan Setyawan. Langkah analisis dalam penelitian ini adalah membaca dan memahami isi novel, membuat synopsis, mengklasifikasikan dan menganalisis data menurut jenis permasalahannya, dan menarik kesimpulan. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis karya seseorang. Berdasarkan hasil penelitiaan, tokoh utama memiliki karakter seorang anak laki-laki yang kecil dan pendek, pintar dan tekun, mempunyai mimpi dan cita-cita tinggi, pekerja keras, berkeinginan kuat, mudah terharu dan menangis, berbakat, gigih, pantang menyerah, dan suka tantangan dan hal baru. Proses aktualisasi diri tokoh utama berhasil dicapai melalui teori kebutuhan Abraham Maslow. Kebutuhan aktualisasi diri tokoh utama diwujudkannya dengan berhasilnya ia menjadi direktur di New York dan mampu mempunyai kamar tidur sendiri, yang ia cita-citakan sejak kecil.
Pengaruh Metode Show and Tell Pada Kemampuan Berbicara Siswa Terhadap Penyampaian Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Kandis Iin Parlina; Nopi Yanti
Dialektologi Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v2i2.63

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode Show And Tell pada kemampuan berbicara siswa terhadap penyampaian karangan deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 01 Kandis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan suatu percobaan yang dirancang khusus, untuk membandingkan dua kelompok sasaran penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 01 Kandis Kabupaten Ogan Ilir tahun ajaran 20017. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII.I sebagai kelompok eksperimen berjumlah 32 orang, dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 orang. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 64 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan program komputer SPSS 20. Dengan diterimanya hipotesis penelitian (Ha) ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Show And Tell berpengaruh pada kemampuan berbicara siswa terhadap penyampaian karangan deskripsi.

Page 1 of 11 | Total Record : 107