Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 1 No 2 (2016): Dialektologi

Struktur Makro, Superstruktur, Struktur Mikro pada Koran Kompas Berita Lady Gaga “Curhat di Twitter” Edisi Mei 2012 (Analasis Wacana Kritis)

Ernani (Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2016

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan stuktur makro, superstruktur, struktur mikro, pada Koran Kompas berita Lady Gaga “Curhat di Twitter” edisi 24 Mei 2012 (Analisis Wacana Kritis). Melalui ketiga struktur tersebut (struktur makro, superstruktur, struktur mikro) dapat mengungkapkan isi teks berita yang diliput oleh media atau yang ditulis oleh wartawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif melalui teori struktur teks yang dikemukan oleh Teun A. Van Dijk. Sementara itu, sumber data yang digunakan adalah Koran Kompas edisi 24 Mei 2012 khusus berita Lady Gaga “Curhat di Twitter.” Berdasarkan hasil analisis struktur teks yang terdiri dari struktur makro, superstruktur, struktur mikro pada Koran Kompas berita Lady Gaga “Curhat di Twitter diketahui bahwa pihak media massa, yaitu Koran Kompas bersikap netral terhadap permasalahan yang dihadapi Lady Gaga. Netral di sini dapat dilihat dari pengupasan permasalahan dari berbagai sisi. Sisi pihak yang pro (fans Lady Gaga) dan sisi pihak kontra (pemerintah Indonesia dan salah satu ormas Islam).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...