Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media benda kongkret. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah penelitian ini adalah melalui siklus (daur ulang) direncanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan dan 4 tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Tes dilakukan untuk mendapatkan data berupa skor atau nilai tentang kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan media benda konkret. Observasi dilakukan secara langsung terhadap siswa yang sedang melakukan kegiatan pembelajaran untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada siklus I nilai rata-rata 58,69 nilai terendah 40 nilai tertinggi 79. Terdapat 10 orang yang mencapai nilai KKM 65 yang berarti ketuntasannya 38,46%. Dan siklus II terdapat 26 anak mendapat nilai 65 ke atas, dengan nilai rata-rata 85,04 dengan rata-rata ketuntasan belajarmencapai100%.Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa sesudah diberi pembelajaran dengan media benda kongkret meningkat.
Copyrights © 2016