Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 6 No 01 (2021): DIALEKTOLOGI

PENGARUH MODEL DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KAYUAGUNG

Juniarti (SMK Negeri 1 Kayuagung)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model deep dialogue/criticalthinking terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Metode penelitian inimenggunakan metode eksperimen semu. Yang menjadi sampel dalam penelitianini adalah siswa kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 SMK Negeri 1 KayuagungKecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2019.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22 dandianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil uji rata-rata tes awal kemampuanmenulis teks negosiasi siswa kelas eksperimen 65,97 dan tes akhir 78,22. Nilairata-rata awal kelas kontrol 64,20 dan tes akhir 74,91. Hasil analisis datamenunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelaskontrol yakni 78,22>74,91. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukkanbahwa thitung (3,197) lebih tinggi dari ttabel (1,667) dengan derajat keabsahan 68(df 68) pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model deep dialogue/criticalthinking memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswaSMK Negeri 1 Kayuagung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...