Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 5 No 02 (2020): DIALEKTOLOGI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU PANJANG

Yeyen Yusniar (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung)
Alia (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung)
Ramona Safitri (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science dalam menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir. Metode yang digunakan menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir. Pengambilan sampel bedasarkan teknik purposive sampling yang diperoleh kelas VIII.1sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes unjuk kerja. Sedangkkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22dan analisis uji-t dan levena statistic. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes awal dan tes akhir antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata tes awal menulis teks eksplanasi kelompok eksperimen adalah 71,34 dan kelompok kontrol adalah 66,34. Nilai rata-rata tes akhir kelompok eksperimen adalah 77,59 dan kelompok kontrol 70,88. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar dengan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)lebih besar dari pada hasil belajar dengan pendekatan saintifik yakni 71,34 > 66,34 sedangkan hasil hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung> t tabel yaknithitung(4,706) > t tabel ( 1,681) dengan derajat keabsahan (df 42) dengan signifikansi 0,05 dapat diketahui bahwa HO ditolak, sedangkan Ha diterima.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...