Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ada tidaknyapengaruh teknik PreP terhadap kemampuan memahami teks eksplanasi siswa kelaskelas XI SMA Negeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode yangdigunakan adalah eksperimen semu dan populasinya seluruh siswa kelas XI SMANegeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2019. Sampelpenelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimendan kelas XI IPA IV sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data tes yangdigunakan adalah tes objektif sebanyak 30 soal dengan alternatif a, b, c, d, dan e.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kemampuanmemahami teks eksplanasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-ratakegiatan pretest kemampuan memahami teks eksplanasi siswa kelas eksperimen65,02 dan kegiatan postest 81,16. Nilai rata-rata kegiatan pretest kelas kontrol 56,64dan kegiatan postest 70,09. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajarkelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yakni 81,16>70,09.Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukkan bahwa t hitung (5,949) lebih besardari ttable (1,670) dengan derajat keabsahan 60 (df 60) pada taraf signifikansiprobability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Ini berarti H0 ditolak, dan Ha diterima.Artinya, ada perbedaan kemampuan memahami teks eksplanasi siswa yang diajarmenggunakan teknik PreP dengan siswa yang diajar menggunakan teknikpembelajaran saintifik.teknik pre reading plan
Copyrights © 2019