Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajarmatematika siswa pada materi Peluang menggunakan model ―NumberedHeads Together‖ di SMKN 1 Kayuagung. Pola kerja yang diterapkan dalampembelajaran ini adalah pola kerja praktik atau eksperimen dengan alatsecara individual atau kelompok dengan model ―Numbered Heads Together‖.Penilaian atau evaluasi dilakukan melalui ulangan harian dengan bentuk tesuraian bebas pada tiap siklus. Ukuran keberhasilan pembelajaran ini adalahpeningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pelajaranmatematika yang dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswasecara individual maupun secara klasikal serta meningkatnya nilai rata-ratakelas. Hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswasenantiasa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan belajarindividual 29 orang, secara klasikal 80,60 % dan nilai rata-rata kelas 72,42.Siklus II ketuntasan belajar individual 34 orang, secara klasikal 94,4 % danrata-rata kelas 79,61. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapanpembelajaran yang menggunakan model ―Numbered Heads Together‖ padamateri Peluang terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa padapelajaran matematika.
Copyrights © 2019