Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 4 No 01 (2019): DIALEKTOLOGI

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII TKJ 1 MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MATERI PELUANG MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DI SMK NEGERI 1 KAYUAGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Erni (SMK Negeri 1 Kayuagung)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2019

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajarmatematika siswa pada materi Peluang menggunakan model ―NumberedHeads Together‖ di SMKN 1 Kayuagung. Pola kerja yang diterapkan dalampembelajaran ini adalah pola kerja praktik atau eksperimen dengan alatsecara individual atau kelompok dengan model ―Numbered Heads Together‖.Penilaian atau evaluasi dilakukan melalui ulangan harian dengan bentuk tesuraian bebas pada tiap siklus. Ukuran keberhasilan pembelajaran ini adalahpeningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pelajaranmatematika yang dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswasecara individual maupun secara klasikal serta meningkatnya nilai rata-ratakelas. Hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswasenantiasa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan belajarindividual 29 orang, secara klasikal 80,60 % dan nilai rata-rata kelas 72,42.Siklus II ketuntasan belajar individual 34 orang, secara klasikal 94,4 % danrata-rata kelas 79,61. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapanpembelajaran yang menggunakan model ―Numbered Heads Together‖ padamateri Peluang terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa padapelajaran matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...