Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 4 No 02 (2019): DIALEKTOLOGI

KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING STRUKTURES DALAM PEMBELAJARAN WAWANCARA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 KAYUAGUNG

Adedi Setiawan (MTs AL-Furqon Kandis)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan model Cooperative learning structures dalam pembelajaran wawancara siswa kelas X SMK Negeri 2 Kayuagung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t. Populasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Kayuagung yang berjumlah empat kelas dengan jumlah siswa 126 siswa, sampel diambil secara sampling purposive, yaitu diambil dua kelas yaitu kelas X. 1 sebagai kelas eksperimen dan X. 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 64 siswa. Dari pengumpulan data dan analisis diketahui bahwa nilai rata-rata tes awal siswa kelas ekperimen adalah 63,594 dan kelas kontrol 62,906. Pada tes akhir, nilai ratarata siswa kelas eksperimen adalah 80,469, dan kelas kontrol 72,906. Dari hasil uji-t nilai tes akhir kelas eksperimen dan kontrol, disimpulkan bahwa ada perbedaan yang siqnifikan antara kelas eksperimen dengan model Cooperative Learning Struktures dan kelas kontrol dengan model konvensional. Sebab hasil uji-t diketahui bahwa nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel atau 2,282 ˃ 1,999. Artinya, hipotesis Ha diterima dan terbukti.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...