Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 5 No 01 (2020): DIALEKTOLOGI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT PUISI SISWA KELAS VII

Miftahul Jannah (SMP IT Al-Mumtaazah)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS) terhadap kemampuan mengungkapkan pendapat puisi siswa kelas VII. Metode yang digunakan eksperimen. Populasi berjumlah 250 siswa yaitu siswa kelas VII SMP PGRI Pedamaran. Pengambilan sampel berdasarkan teknik cluster random sampling,diperoleh Kelas VII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes unjuk kerja. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pembelajaran mengungkapkan pendapat terhadap puisi antara siswa kelas VII.7 yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model Children’s Learning In Science (CLIS) dengan siswa kelas VII.6. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t pada skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan SPSS 20. Dari 34 orang siswa di kelaseksperimen sebanyak 33 siswa mencapai KKM atau 97,06%. Sementara kelas kontrol dari 34 siswa yang mecapai nilai KKM adalah 19 siswa atau 55,88%. Hasil perhitungan uji-t terdapat perbedaan nilai rata-rata tes akhir pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen yaitu 80,38 dan nilai rata-rata pada kelompok kontrol yaitu 71,62

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...