Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra dan pengajarannya
Vol 2 No 2 (2021): FRASA: JURNAL KEILMUAN BAHASA, SASTRA, DAN PENGAJARANNYA

PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA DI KELAS VIII SMP IT NURUL YAQIN KABUPATEN SORONG

Nesya Pramudya Andini (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Siti Fatihaturrahmah Al. Jumroh (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Teguh Yuliandri Putra (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media animasi terhadap kemampuan menyimak siswa kelas VIII SMP IT Nurul Yaqin Kabupaten Sorong yang dilihat dari hasil belajarnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 responden siswa putri yang diambil secara acak. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling untuk mengambil jumlah sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi selanjutnya dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 22 dan melalui statistik deskripsi. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk dengan hasil belajar pretest siswa kelas VIII memiliki taraf signifikansi 0,032 < 0,05 sedangkan hasil belajar posttest siswa kelas VIII memiliki taraf signifikansi 0,033 < 0,05 . Uji hipotesis menggunakan Uji Runs test diperoleh hasil Asymp. Sig adalah 1.000 yang dimana lebih besar dari 0.05 (1.000 > 0.05) maka Ho diterima dan Ha ditolak, berarti dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara media pembelajaran animasi terhadap peningkatan kemampuan menyimak siswa kelas VIII.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalbahasaindonesia

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Frasa Journal is a tool for researchers, practitioners, and academics who are interested in conducting research and studies in the field and development of linguistics, literature, and ...