Jurnal Ilmu Komputer (JIK)
Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Komputer (JIK)

Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus Masjid Nurul Ya’qin)

Arif Hidayat (UNIVERSITAS PAMULANG)
Yono Cahyono (UNIVERSITAS PAMULANG)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini mempengaruhi pelayanan informasi setiap organisasi. Kemudahan yang diperoleh dari perkembangan teknologi adalah memberikan informasi ke publik secara cepat dan tepat. Organisasi yang masih menggunakan sistem konvensional dinilai lambat dalam memanfaatkan perkembangan teknologi. Dalam hal ini, kebanyakan masjid menggunakan sistem manual dalam menyampaikan informasi kegiatan dan keuangan ke setiap jamaah masjid. Selanjutnya, informasi kegiatan dan laporan keuangan hanya dibacakan setiap hari Jum’at. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah extreme programming, dengan proses penelitian yang lebih teratur dan terarah dalam membangun aplikasi. Proses yang digunakan pada metode ini adalah planning, designing, coding dan testing. Dengan proses perencanaan dengan melibatkan DKM masjid dan pengurus lainya, pembangunan sistem ini menjadi lebih efektif dan terarah, sesuai dengan apa yang diharapkan. Diharapkan sistem informasi berbasis web ini dapat memberikan kemudahan bagi pengurus dalam menyampaikan informasi keuangan dan kegiatan, serta dapat memberikan kemudahan bagi jamaah untuk memperoleh informasi kegiatan dan keuangan melalui website masjid Nurul Ya’qin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal Ilmu Komputer atau JIK adalah Jurnal mitrabestari yang dikeluarkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komputer - STMIK Pranata Indonesia dengan e-ISSN 2746-7163, terbit 2 kali dalam satu ...