Jurnal Ilmiah Neraca : Ekonomi Bisnis, Manajemen, Akuntansi
Vol. 4 No. 2: Mei 2021 - Oktober 2021

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mannuruki Di Kota Makassar

Muharram Muharram (STIM Lasharan Jaya)
Fadjriyah Fadjriyah (STIM Lasharan Jaya)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mannuruki di Kota Makassar. Pengambilan data menggunakan sample accidental sampling yang digunakan didistribusikan kepada 50 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dan wawancara. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS IBM 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah berpengaruh secara simultan dan signifikan F < (0,000 < 0.05) dan Adjusted R-square sebesar 88%. Artinya kontribusi kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah adalah 88%. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah sebesar 0,000, sedangkan kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah sebesar 0,004.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Ilmiah Neraca : Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen, Akuntansi adalah jurnal ilmiah yang dipublikasi oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi LPI Makassar. Jurnai ini mempunyai tujuan utama untuk mendiseminasi artikel ilmiah dalam bidang ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. Jurnal ini merupakan ...