Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Mannuruki di Kota Makassar. Pengambilan data menggunakan sample accidental sampling yang digunakan didistribusikan kepada 50 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dan wawancara. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS IBM 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah berpengaruh secara simultan dan signifikan F < (0,000 < 0.05) dan Adjusted R-square sebesar 88%. Artinya kontribusi kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah adalah 88%. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah sebesar 0,000, sedangkan kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah sebesar 0,004.
Copyrights © 2021