Jurnal Ilmiah Neraca : Ekonomi Bisnis, Manajemen, Akuntansi
Vol. 5 No. 1: November 2021 - April 2022

Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Persentase Kenaikan Laba (Profitabilitas) (Studi Kasus PT. Jati Jaya Perkasa Mandiri)

Baso Sardjan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi LPI Makassar)
Suhartina R (sekolah Tingi ilmu Ekonomi - LPI Makassar)
Nurhaedah Nurhaedah (sekolah Tingi ilmu Ekonomi LPI Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan, rasio likuiditas dan perputaran modal kerja pada PT. Jati Jaya Perkasa Mandiri periode 2017-2019. Data diperoleh dari laporan keuangan bulanan PT. Jati Jaya Perkasa Mandiri periode 2017-2019. Profitabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan dalam memperoleh laba dalam periode tertentu pada tingkat penjualan, total aktiva maupun modal sendiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan, rasio likuiditas dan perputaran modal kerja pada PT. Jati Jaya Perkasa Mandiri periode 2017-2019, baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu pendekatan kuantitatif dan variabel yang digunakan adalah struktur modal (debt to equity ratio), ukuran perusahaan (firm size), rasio likuiditas (current ratio) dan perputaran modal kerja (working capital turnover). Metode analisis data yang digunakan yaitu uji statistik desktiptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan koefisien determinasi (R2) dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian secara parsial (uji t) yang menunjukkan bahwa variabel struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai thitung 2,231 > ttabel 2,039 dan nilai signifikan 0,033 < 0,05, pada variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai thitung -0,223 < ttabel 2,039 dan nilai signifikan 0,825 > 0,05, pada variabel rasio likuiditas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai thitung 1,501 < ttabel 2,039 dan nilai signifikan 0,143 > 0,05 dan pada variabel perputaran modal kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai thitung 2,583 > ttabel 2,039 dan nilai signifikan 0,015 < 0,05. Sedangkan hasil penelitian secara simultan (uji f) yang menunjukkan bahwa variabel struktur modal, ukuran perusahaan, rasio likuiditas dan perputaran modal kerja berpengaruh positi dan signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai fhitung 3,401 > ftabel 2,670 dan niai signifikan 0,020 < 0,05.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Ilmiah Neraca : Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen, Akuntansi adalah jurnal ilmiah yang dipublikasi oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi LPI Makassar. Jurnai ini mempunyai tujuan utama untuk mendiseminasi artikel ilmiah dalam bidang ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. Jurnal ini merupakan ...