Pembelajaran IPA yang dilakukan secara daring menjadi tantangan bagi guru untuk dapat mendesain pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Berdasarkan hal tersebut perlunya untuk mengembangankan suatu perangkat pembelajaran IPA secara daring berbantuan live worksheets. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi dan validasi oleh guru terhadap perangkat pembelajaran berupa RPP, THB dan LKPD IPA daring yang akan dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D dari Thiagarajan dan Semmel. Tahapan model 4D yang digunakan yaitu sampai tahap pengembangan yang memuat uji validasi. Tahap penyebaran tidak dilakukan karena terkendala pandemi covid 19. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memvalidasi draft produk oleh 2 dosen program studi pendidikan fisika dan 2 guru IPA kelas VIII SMP Negeri 6 Palangka Raya. Teknik analisis data menggunakan formula Aiken’s V dengan kriteria nilai koefisien validitas isi dianggap valid secara konten/isi jika nilai V ≥ 0,6. Hasil analisis terhadap penilaian validator dari 2 dosen pendidikan Fisika terhadap RPP, LKPD, dan THB yaitu semua butir sudah relevan memenuhi kriteria valid sehingga persentase setiap aspek yang valid secara konten atau isi yaitu 100 % Hasil analisis terhadap penilaian validator dari 2 guru IPA terhadap RPP, LKPD, dan THB yaitu semua butir juga sudah relevan memenuhi kriteria valid sehingga persentase setiap aspek yang valid secara konten atau isi yaitu 100 %. Berdasarkan hasil analisis data di atas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan bantuan liveworksheets valid untuk digunakan dalam pembelajaran IPA secara daring
Copyrights © 2022