Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 2 No 2 (2022): EKONOM : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MARELAN KURMA DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN

Shindy Pramita Sinaga (UIN Sumatera Utara Medan)
Achiriah (UIN Sumatera Utara)
Abdul Rasyid (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Marelan Kurma merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang makanan khususnya dibidang makanan minuman khas Timur Tengah. Maka dari itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran Marelan Kurma dalam menarik minat beli konsumen. Model praktik komunikasi pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4Ps yaitu, product strategy, price strategy, place strategy dan promotion strategy. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa Marelan Kurma telah menerapkan 4 elemen bauran pemasaran dalam menjalankan strategi komunikasi pemasarannya. Strategi produk yang dilakukan oleh Marelan Kurma adalah lebih memperhatikan pada kualitas produk dan pengemasan produk. Strategi harga yang dilakukan oleh Marelan Kurma yaitu dengan memberikan free product setiap pembelian dengan ketentuan yang ada. Strategi tempat yang dilakukan oleh Marelan Kurma yaitu dengan mempercantik store dikarenakan agar saat update produk terkesan rapi dan unik dikarenakan fokus penjualan di Online. Strategi promosi melalui kerjasama dengan kampus melalui event-event yang diadakan, selain itu dengan selalu update tentang produk dengan beberapa media sosial yang ada. Pada kesimpulannya, Marelan Kurma telah menerapkan keempat elemen dalam bauran pemasaran yang dijadikan bahan acuan dalam menjalankan tujuannya untuk menarik minat beli konsumen dan berhasil menjalankan strategi komunikasi pemasaran Marelan Kurma. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Minat Beli, Konsumen

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ekonom

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang ekonomi dan bisnis.Jurnal ini didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pemerhati di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini terbit tiga kali dalam setahun ...