Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 2 No 2 (2022): EKONOM : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM PENGEMBANGAN UMKM TENUN ULOS ASRUL HIDAYA RAMBE DI KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

Kastina Hasibuan (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya komunikasi Disperindag dalam pengembangkan UMKM di Kabupaten Padang Lawas Utara. Permasalahan penelitian ini Bagaimana Strategi Komunikasi Disperindag Dalam Pengembangkan UMKM di Padang Lawas Utara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Strategi Komunikasi Disperindag Dalam Pengembangan UMKM di Kabupaten Padang Lawas Utara. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi yaitu komunikator, pesan komunikasi, media komunikasi, khalayak sasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa strategi komunikasi Disperindag dalam mengembangkan UMKM di Kabupaten Padang Lawas Utara menggunakan strategi dengan memasarkan barang produk UMKM, memberikan pelatihan untuk meningkatkan skil pekerjanya, memberikan bantuan berupa alat tenun. UMKM Tenunan Ulos Asrul M Rambe ini merupakan salah satu UMKM unggulan, menggunakan motif ciri khas Padang Lawas Utara seperti, motif candi bahal, Melalui motif dari tenunan ini bisa menceritakan bahwasanya di Padang Lawas Utara ada banyak ragam ciri khasnya. Keywords: Strategi Komunikasi, Disperindag, Pengembangan MSME Padang Lawas Utara

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ekonom

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang ekonomi dan bisnis.Jurnal ini didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pemerhati di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini terbit tiga kali dalam setahun ...