Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 3 No 1 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis

PELUANG DAN TANTANGAN INDUSTRI HALAL MENUJU PUSAT INDUSTRI GLOBAL

Muhammad Suhaimi (UIN Sumatera Utara Medan)
Marliyah Marliyah (UIN Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2023

Abstract

Pemerintah Indonesia telah mencanangkan untuk menjadi pusat industri halal dunia tahun 2024, namun persaingan industri halal kini tidak hanya berasal dari negara-negara muslim melainkan juga negara-negara mayoritas non muslim. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengurai peluang dan tantangan industri halal Indonesia menuju pusat industri halal dunia. Penelitian ini merupakan studi literatur, menggunakan pendekatan deskriptif, data dan informasi di himpun dari berbagai literatur dan data sekunder.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima aspek peluang industri halal Indonesia, aspek pengakuan global, keuangan,makanan halal, wisata halal dan aspek halal lifestyle. Terdapat masing-masing tiga tantanganyang berasal dari eksternal, yakni banyaknya negara pesaing, belum tersedianya keseragaman sertifikasi halal yang disepakati secara global dan ketidak kompakan negara-negara muslim dalam menetapkan standar produk halal; dan secara internal terdiri dari, kurangnya halal awareness pada masyarakat Indonesia,adanya problematika dari Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal dan rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia untukberkompetisi. Selain tantangan tersebut juga terdapat kendala yang dihadapi Indonesia, antara lain peluang bisnis industri halal belum disadari banyak pihak maupun regulator, terbatasnya suplai bahan baku yang memenuhi kriteria halal, masih terbatasnya pemahaman sejumlah produsen yang disertai dengan belum memadainya infrastruktur, perbedaan standarisasi dan sertifikasi produk halal dan banyaknya produk impor yang masuk ke Indonesia. ABSTRACT The Indonesian government has planned to become the center of the world's halal industry in 2024, but competition for the halal industry now does not only come from Muslim countries but also non-Muslim majority countries.Therefore, this research aims to unravel the opportunities and challenges of the Indonesian halal industry towards the center of the world halal industry.This research is a literature study, using a descriptive approach, data and information collected from various literature and secondary data. The results of this study indicate that there are five aspects of opportunities for the Indonesian halal industry, aspects of global recognition, finance, halal food, halal tourism and aspects of halal lifestyle.There are three challenges that come from external sources, namely the number of competing countries, the unavailability of uniform halal certification that is agreed globally and the discordance of Muslim countries in setting halal product standards; and internally it consists of, the lack of halal awareness in the Indonesian people, the existence of problems from Law Number 33 of 2014 concerning Guaranteed Halal Products and the low awareness of the Indonesian people to compete. In addition to these challenges, there are also obstacles faced by Indonesia, including business opportunities in the halal industry that have not been realized by many parties or regulators, limited supply of raw materials that meet halal criteria, limited understanding of a number of producers accompanied by inadequate infrastructure, differences in standardization and certification of halal products. and the number of imported products entering Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ekonom

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang ekonomi dan bisnis.Jurnal ini didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pemerhati di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini terbit tiga kali dalam setahun ...