Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 3 No 1 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis

ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN GOJEK J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan) TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN GOJEK SELAMA PANDEMI

Fairuz Raniah Adiba Putri (Universitas Sumatera Utara)
Dewi Kurniawati (Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah iklan Gojek J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan) dapat mempengaruhi konsumen memutuskan menggunakan Gojek selama masa pandemi, untuk mengetahui efektivitas iklan Gojek J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan) dalam mempengaruhi konsumen untuk menggunakan Gojek selama pandemi dan untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai iklan Gojek J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara angkatan 2017-2020 yang berjumlah 494 orang, dengan penentuan sampel menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90% sehingga diperoleh sampel sebanyak 83 responden. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling, purposive sampling dan accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner (Field Research) dan studi kepustakaan (Library Research). Teknik analisis data menggunakan analisis tabel tunggal, analisis tabel silang, dan uji hipotesis melalui aplikasi SPSS 26. Hasil uji hipotesis menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan antara pengaruh efektivitas iklan Gojek J3K terhadap keputusan konsumen menggunakan Gojek selama pandemi dengan tingkat pengaruh sebesar 29%. ABSTRACT The purpose of this research is to find out whether Gojek J3K (Keep Health, Clean and Safety) advertisements can influence consumers to decide to use Gojek during a pandemic, to find out the effectiveness of Gojek J3K (Keep Health, Clean and Safety) ads in influencing consumers to use Gojek during a pandemic and to find out consumer responses regarding Gojek J3K advertisements (Keep Health, Cleanliness and Safety). This research is a quantitative research using correlational research methods. The population in this study were 494 students of Communication Studies, Faculty of Social and Political Sciences, University of North Sumatra, with a sample determination using the Taro Yamane formula with 10% precision and 90% confidence level so that a sample of 83 respondents was obtained. The sampling technique in this study was non-probability sampling, purposive sampling and accidental sampling. Data collection techniques were carried out using questionnaires (Field Research) and library research (Library Research). The data analysis technique uses single table analysis, cross table analysis, and hypothesis testing through the SPSS 26 application. The results of the hypothesis test show that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is a relationship between the influence of the effectiveness of Gojek J3K advertising on consumer decisions to use Gojek during a pandemic with the level of influence by 29%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ekonom

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang ekonomi dan bisnis.Jurnal ini didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pemerhati di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini terbit tiga kali dalam setahun ...