Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 3 No 1 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis

ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI SELF ESTEEM DALAM IKLAN TRAVELOKA “LIFE YOUR WAY”

Shafira Triana Putri (Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2023

Abstract

Traveloka meluncurkan tagline baru “Life, Your Way”. Perubahan tagline ini merespon peningkatan kebutuhan masyarakat untuk melakukan perjalanan. Salah satu cara mempromosikan tagline tersebut melalui iklan. Iklan traveloka edisi “Life, Your Way” tidak hanya mengajak masyarakat untuk melakukan perjalanan bersama Traveloka, tetapi juga mengajak dan mengingatkan masayarakat untuk tetap percaya diri dalam cara menikmati hidup. Salah satu  caranya dengan mengungkapan pendapat melalui tindakan memilih perjalanan yang sesuai dengan apa yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti bagaiman representasi self esteem pada iklan traveloka edisi “Life, Your Way” ini. Metode yang diaplikasikan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dengan penelitian pustaka dan menganalisisnya menggunakan teori semiotika Charles S. Pierce yang menggunakan 3 elemen yaitu tanda, objek dan interpretasi. Dapat ditarik kesimpulan bahwa iklan Traveloka dapat merepresentasikan makna self esteem melalui tindakan memilih cara menikmati hidup dengan percaya diri dan sesuai dengan keinginan diri sendiri tanpa harus membandingkan cara orang lain dan pendapat orang lain dalam menikmati hidup. ABSTRACT Traveloka launched a new tagline “Life, Your Way”. This change in the tagline responds to the increasing need for people to travel. One way to promote the tagline is through advertising. The Traveloka advertisement  "Life, Your Way" edition not only invites the public to travel with Traveloka, but also invites and reminds the public to remain confident in how to enjoy life. how to express opinions through the act of choosing a trip that suits what you want. The purpose of this research is to examine how self-esteem is represented in the traveloka advertisement “Life, Your Way” edition. The method applied in this research is qualitative research, data collection techniques are using library research and analyzed using Charles S. Pierce's semiotic theory which uses 3 elements, signs, objects, and interpretation. It can be concluded that Traveloka advertisements can represent the meaning of self-esteem through the act of choosing how to enjoy life confidently and according to one's desires without having to compare other people's ways and the opinions of other people in enjoying life.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ekonom

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang ekonomi dan bisnis.Jurnal ini didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pemerhati di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini terbit tiga kali dalam setahun ...