Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Mei 2022

Pendidikan Dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru IPS Pada Materi Geografi Guru-Guru SMP

Surdin (Universitas Halu Oleo)
La Ode Amaluddin (Universitas Halu Oleo)
Fitriyani Saudi (Universitas Halu Oleo)
Amniar Ati (Universitas Halu Oleo)
Rahma Musyawarah (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Tujuan dari pendidikan dan pelatihan ini yaitu untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami guru selama pembelajaran IPS dan untuk mengetahui apakah kegiatan pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkan kompetensi guru IPS tentang materi Geografi. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), metode ceramah, tanya jawab, diskusi dengan contoh-contoh aktual, dan modul pelatihan sebagai bahan untuk belajar mandiri. Evaluasi pelatihan dilakukan dengan menggunakan parameter pretest dan posttest menggunakan skala likert. Hasil yang diperoleh yaitu guru IPS memiliki hambatan pada saat menyampaikan materi, tidak menguasai media pembelajaran geografi dengan baik, tidak mampu mengusai metode dalam pembelajaran IPS khususnya materi geografi, dan mengalami hambatan dalam pemilihan jenis evaluasi yang digunakan. Selain itu, pendidikan dan pelatihan ini terbukti dapat meningkatan kompetensi guru IPS pada materi geografi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat memiliki Online ISSN: 2714-5778 dan Print ISSN : 2746-4733 dengan DOI: 10.36709/amalilmiah Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal ini adalah hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan focus dan ...