JURNAL TEKNIK MESIN
Vol 11, No 3 (2023): VOLUME 11, NOMOR 3, JULI 2023

ANALISIS PERPINDAHAN PANAS DAN MASSA PARTIKEL PADA PENGERINGAN SEMPROT BERTEMPERATUR RENDAH DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI SUDUT SEMPROT

Bisri Oktavia Usda (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Eflita Yohana (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Mohammad Tauviqirrahman (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Meningkatnya produksi teh di Indonesia harus diikuti dengan peningkatan kualitas dari teh tersebut. Proses pengolahan teh harus dilakukan secara baik guna menjaga kualitas teh. Metode spray drying merupakan salah satu metode pengolahan teh yang beroperasi dengan perpindahan panas konveksi. Spray drying merupakan operasi pengolahan untuk mengubah bentuk cairan menjadi bentuk partikel kering dengan media semprot pengering panas. Pada penelitian ini dilakukan simulasi menggunakan bantuan CFD (Computational Fluid Dynamics) untuk mengetahui pengaruh kombinasi sudut semprot dan variasi udara panas masuk pada ruang pengering terhadap distribusi H2O mass fraction, H2O (l) mass fraction, dan temperatur yang terjadi di dalam ruang pengering. Pada penelitian kali ini menggunakan variasi sudut semprot 20°, 25°, 32°, 41° dengan udara panas masuk yaitu 70°C. Karakteristik perpndahan panas dan massa dianalis dari parameter hasil berupa temperature, fraksi massa air, dan fraksi massa uap air. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variasi sudut semprot 41° memiliki nilai perpindahan panas dan massa yang paling baik, ditunjukkan oleh penurunan temperatur paling besar yaitu 38,9°C, sedangkan variasi sudut semprot 20° menjadi variasi dengan perpindahan massa yang paling rendah dengan penurunan temperatur udara panas 28,9°C.

Copyrights © 2023