Fenomena bullwhip effect terjadi karena adanya perbedaan pola permintaan antara distributor dan retailer sehingga menyebabkan overstock. Hal tersebut terjadi pada PT. Fatahillah Anugerah Nibras dimana perusahaan mengalami overstock akibat distorsi informasi antara perusahaan, distributor, dan retail akibat melakukan prediksi permintaan yang berbeda-beda. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian untuk meminimalisasi fenomena bullwhip effect dengan information sharing system. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data permintaan dan penjualan pada tahun 2022 pada produk gamis, kemeja koko dan kerudung. Pengolahan data yang dilakukan dengan melakukan perhitungan nilai bullwhip effect untuk setiap produk. Selanjutnya melakukan peramalan dengan metode Exponential smoothing. Kemudian dilakukan perbandingan nilai bullwhip effect sebagai perbaikan dengan metode peramalan tersebut. Selanjutnya, memberikan rancangan sistem informasi berbasis web pada distributor sebagai solusi agar dapat mengurangi distorsi informasi dimana sistem tersebut dapat digunakan oleh distributor dan retailer dan sistem ini dapat memberikan informasi yang cepat dan tepat serta menampilkan nilai bullwhip effect sehingga dapat mengurangi fenomena bullwhip effect.
Copyrights © 2023