Jurnal Kajian Pendidikan Umum
Vol 19, No 1 (2021): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM

Asesmen Kompentensi Minimum (AKM) kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi peserta didik

Panca Dewi Purwati (Universitas Negeri Semarang)
Aiman Faiz (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Arif Widiyatmoko (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2021

Abstract

Peserta didik perlu dipersiapkan menghadapi uji AKM Nasional melalui penyiapan program AKM Kelas yang berfungsi untuk memahami hasil belajar peserta didik secara individu. AKM Kelas Literasi Membaca, khususnya untuk jenjang sekolah dasar, perlu diteliti urgensinya agar diketahui potensi sistem penilaian sebut sebagai pemacu peningkatan angka peserta didik. Terdapat tiga tujuan penelitian: deskripsi indikator AKM Kelas, deskripsi kisi-kisi AKM Kelas, dan langkah-langkah efektif menyusun instrumen AKM Kelas Literasi Membaca. Hasil penelitian yaitu: (1) Tedapat enam level AKM Kelas Literasi Membaca, level 1, 2, dan 3 sangat berpotensi sebagai pemacu peningkatan angka literasi peserta didik. (2) Kisi-kisi AKM Kelas Literasi Membaca jenjang sekolah dasar dapat diperoleh guru dengan cara mengalimatkan indikator AKM Kelas dikaitkan dengan contoh instrumen AKM Kelas yang disiapkan Pusmenjar. Guru secara profesional tergerak membuat instrumen AKM Kelas Literasi Membaca sebagai AKM produk guru. (3) Langkah penyusunan instrumen AKM Kelas Level 1 Literasi membaca membutuhkan kebersamaan antara tim perumus kisi-kisi, tim penyusun stimulus, tim penyunting, tim pengembang instrumen, dan tim IT.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SosioReligi

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Socio-Religion is a journal that aims to publish research results on general education and other fields related to encouraging inquiry into the relationship between theoretical and practical studies. Socio Religion, an electronic journal, provides a forum for publishing original research articles, ...