cover
Contact Name
Dadi Mulyadi Nugraha
Contact Email
sosioreligi@upi.edu
Phone
+6285795665290
Journal Mail Official
sosioreligi@upi.edu
Editorial Address
Gedung Numan Soemantri, FPIPS UPI, Departemen Pendidikan Umum, Lantai 2, Jl. Dr. Setiabudhi No 229 Bandung, 40154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Kajian Pendidikan Umum
ISSN : 16931793     EISSN : 26563622     DOI : -
Socio-Religion is a journal that aims to publish research results on general education and other fields related to encouraging inquiry into the relationship between theoretical and practical studies. Socio Religion, an electronic journal, provides a forum for publishing original research articles, reviews of articles from contributors, and news on new technologies related to general education. This journal includes original research articles, review articles, and brief communication, including: General Education Character building Value Education Pancasila Education Civic education Religious education
Articles 62 Documents
Tiktok: Media Motivasi Dakwah Muhamad Parhan; Indira Sechan Paramarini; Siti Habibah
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 20, No 2 (2022): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencermati lebih dalam mengenai seberapa besar pengaruh dakwah di tiktok dalam memotivasi penggunanya. Media sosial tiktok menjadi tempat dengan peluang besar dalam menyebarkan banyak hal. Berdasarkan hasil data di lapangan, tiktok dapat menjadi media penyiaran dakwah kepada masyarakat dengan jangkauan yang luas dan tidak terbatas. Responden berpendapat bahwa penyebaran konten dakwah pada tiktok sebagai media motivasi sudah cukup baik, akan tetapi dirasa belum optimal karena penentuan FYP yang tidak bisa ditentukan oleh para penggunanya. Dengan demikian, penyiaran dakwah sebagai motivasi dapat menyebar kepada siapapun. Penyiaran dakwah pada media sosial tiktok dapat menjadi jembatan untuk mendorong dalam melakukan suatu tindakan dengan harapan tercapainya suatu tujuan yang sedang dibutuhkan seorang individu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode survei berupa analisis deskriptif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data itu sendiri, peneliti mengambil sampel secara acak untuk mendapatkan data melalui penyebaran kuesioner dan mengumpulkan berbagai teori dari berbagai sumber berupa  jurnal, buku, dan artikel ilmiah. Hasil penelitian membuktikan bahwa melalui tiktok, konten dakwah mampu meningkatkan motivasi seseorang dalam berbagai problematika kehidupan yang berdasar pada hasil kuesioner dengan capaian 78% pengguna TikTok menyetujui bahwa konten dakwah pada media sosial TikTok berpengaruh terhadap motivasi kehidupan para penggunanya.
IMPLEMENTASI PROGRAM DAILY ACTVITIES BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER FATHIA DALAM MEMBINA WATAK KEWARGANEGARAAN SISWA SEKOLAH DASAR Tina Septiana
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 15, No 2 (2017): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The results of the research showed the implementation of FATHIA character values such as moral values, spiritual, love the environment, honesty, faith, leadership, intellegency, dinamic, superior, helper, creative, and tolerant. The good characters are shown through positive habituation in daily activities program based on FATHIA character values without any force. Thus, it indicated that the implementation of daily activities program in the school is really successful. There are some reccomendations for further research as The implementation of FATHIA character values through the daily activities program (habituation) and the cooperation between teacher, school, and parent are needed, so that it can build the whole implementations of FATHIA character values (civic disposition) among the students.
Pembinaan civic disposition berbasis nilai-nilai kemanusiaan pada pembelajaran pendidikan kerwarganegaraan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Sukabumi Tina Septiana
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 18, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekarang ini, nilai – nilai kemanusiaan pada dunia medis sudah merosot dengan indikator begitu banyak kasus-kasus pelanggaran hak asasi terhadap pasien dan dalam lingkungan rumah sakit banyak dijumpai tenaga keperawatan yang kurang beretika. Pada dunia keperawatan nilai – nilai kemanusiaan sangatlah penting karena nilai tersebut merupakan suatu sikap dan pendekatan yang memperlakukan pasien sebagai manusia yang mempunyai kebutuhan lebih dari sekedar nomor tempat tidur atau sebagai seorang berpenyakit tertentu. Perawat harus menggunakan pendekatan humanistik dalam prakteknya untuk memperhitungkan semua yang diketahuinya tentang pasien yang meliputi pikiran, perasaan, nilai-nilai, pengalaman, kesukaan, dan bahasa tubuh pasien. Mahasiswa keperawatan sebagai bagian dari masyarakat mendapatkan Pendidikan Kewarganegaran di Perguruan Tinggi dalam rangka mempersiapkan mereka agar dapat lebih baik ketika menjadi tenaga medis nantinya dengan memiliki watak-watak kewarganegaraan yang baik.
INTERNALISASI NILAI ETIKA LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR Dinny Mardiana
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 15, No 1 (2017): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM/NILAI
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research background  was environmental education in school had not reach affection domain, which should be embedding environmetal ethics. The research was using qualitative approach. The results of research showed that: the Internalization of Environmental Ethics Value process in school was occured through ten ways which  resulted  nine stages of student’s responses as a mechanism.
Menanggulangi tindak kekerasan remaja di masyarakat Christofel Saetban; Anton Saetban
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 17, No 1 (2019): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kenakalan remaja memang sudah menjadi wajar melekat pada sosok remaja sebagai aktualisasi diri mereka dan juga eksistensi mereka. Setidaknya itulah yang ada pada pandangan masyarakat dewasa ini. Ini tentunya yang menjadi perhatian kita semua, khususnya mereka yang akan berkecimpung dalam dunia pendidikan, yang hendak atau sedang melaksanakan tugas mempersiapkan generasi cemerlang penerus bangsa. Dalam kajian ini penulis menggunakan metode analisis isi. Bertujuan untuk mengetahui dan mengemukakan upaya penanggulangan kejahatan geng motor bagi remaja. Internalisasi atau penanaman nilai-nilai sosial melalui kelompok informal, formal dan nonformal. Lembaga-lembaga sosial, seperti keluarga dan sekolah, dan upaya hukum adalah kekuatan yang dapat membatasi meluasnya geng motor pada anak remaja. Dalam proses sosialisasi itu, setiap unit keluarga dan sekolah memiliki tanggung jawab membentuk, menanamkan, dan mengorientasikan harapan-harapan, kebiasaan-kebiasaan, serta tradisi-tradisi yang berisi norma-norma sosial kepada remaja.
Konstruksi Visi dan Misi Ekstarkurikuler Pramuka dalam Pengembangan Karakter Kepemimpinan di Era Pandemi Covid-19 Asep Mauludin Syahdani; Dadi Mulyadi Nugraha; Febriana Ruspendi
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 20, No 1 (2022): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis keteladanan dimana solusi terbaiknya melalui peserta didik dengan pengembangan karakater kepemimpinan melalui ekstrakurikuler Pramuka. Di era pandemi Covid-19, penelitian akan berfokus pada kontstruksi visi dan misi ekstrakurikuler Pramuka dalam pengembangan karakter kepemimpinan di MTs Negeri 5 Cirebon. Hal tersebut berkaitan dengan moto madrasah, program kerja Pramuka, kegiatan kepramukaan, dan peran pembina sebagai pembimbing dan pelatih disaat pademi Covid-19. Subjek penelitian ini adalah peserta didik, ketua Pramuka dan pembina Pramuka MTs Negeri 5 Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu teknik pengumpulan data secara deskriptif.
Pemetaan Sistem Politik dalam Lingkup Mahasiswa dalam Perspektif Islam Bayu Batara Direza; Feri Nurjamil Syafari; Muhammad Hanif Ikhlashul Amal; Ahmad Syamsu Rizal; Nurti Budiyanti
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 21, No 1 (2023): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Politik merupakan alat untuk mengatur persoalan yang ada di suatu tempat. bentuk politik dalam negara Indonesia sudah cukup jelas bagian bagiannya, dan kita sebagai muslim harus tahu apa kaitannya dengan islam dengan terbentuknya bagian bagian tersebut namun untuk memiliki akses informasi tersebut cukup terbatas. Kita sebagai mahasiswa sebaiknya tahu bagaimana bentuk politik di lingkungan mahasiswa dalam perspektif islam. maka dari itu, penulis ingin menanyakan bentuk politik dalam salah satu organisasi di lingkungan UPI. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua, yaitu data primer yang diambil dari hasil wawancara dan data sekunder yang diambil dari literatur-literatur yang relevan dan terpercaya. Berdasarkan hasil wawancara terhadap salah satu Ketua Organisasi di lingkungan UPI bahwa Organisasinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang kita tahu bersumber dari Al-Qur’an.
MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA MELALUI KETERAMPILAN MELUKIS POTRET MENGGUNAKAN MEDIA PENSIL KORAN PADA PELAJARAN SENI BUDAYA Enjang Witarsa
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 14, No 2 (2016): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM/NILAI
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Portrait painting skills competency is the ability of learners in expressing themselves creatively through various means and media to take advantage of the language. Methods used namely research action class. Primary data collected from observation sheets practice regular learning, learning cycles, the cycle I and cycle II, III, the data analyzed by quantitative approach. While secondary data collected from observations observer, the now and the self-reflection of researchers, this data is analyzed with a qualitative approach. Results of the study illustrate that using Pencil media newspaper effect on increasing the skills of painting portraits. This is reflected in a significant way from the average value of test results practice cycles I = 2.61, cycle II = 2.76, and cycle III = 3.10, as well as the learning achievements of students gain (gain score) of 1.00. The interpretation of the question form responses to learners against media newspaper pencil was 84% (a little under very strong) meaning that paint a portrait using pencil paper making learners learning more active, creative, and fun.
PEREMPUAN DALAM TIMBANGAN AL-QURAN DAN SUNNAH: WACANA PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Tedi Supriyadi
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 16, No 1 (2018): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM/NILAI
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The androsentric cultural perspective seems to confirm that this world is a masculine world. From ancient times until now, the world as controlled by men. A man like a king and a slave woman. Ironically, the inauguration was done in the name of culture and even religion and moral. Indeed this is contrary to the spirit of Islam brought by the Prophet, one of which is lifting and glorifying women. On the basis of this idea this paper is intended to reconstruct the paradigm of women so that male hegemony over women can be eliminated and built egalitarian social and cultural constructions in the same position and role as the creature of God as the servant and caliph fil ardh. The realization of a new paradigm for women can be done by reinterpretation of sacred texts that have been interpreted in a culture of masculinity that is considered gender biased toward egalitarian interpretation. The strategy in the effort to build the paradigm can be pursued through the education path that education is always oriented to a change in both ways of thinking and behaving.
Studi literatur: Analisis pengaruh dan upaya pengembangan perilaku prososial pada peserta didik sekolah dasar Arlinta Ulfa Auvisena; Aiman Faiz; Kurotul Aini
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 19, No 1 (2021): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh dan upaya mengembangkan perilaku prososial pada peserta didik sekolah dasar. Anak-anak di sekolah dasar harus mampu bersosialisasi dengan baik. Salah satu perilaku yang ditunjukkan yaitu perilaku prososial, di mana seseorang memiliki keinginan untuk menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan upaya dalam mengembangkan perilaku prososial pada peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru merupakan salah satu pengaruh yang menentukan munculnya perilaku prososial, sehingga mereka harus melakukan upaya peningkatan perilaku prososial sedini mungkin. Pengaruh lain, yaitu lingkungan keluarga dan teman sebaya. Faktor situasional dan faktor dalam diri juga berpengaruh pada munculnya sikap prososial. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan perilaku prososial yaitu dengan memberikan teladan atau contoh, memberikan motivasi dan stimulus secara konsisten, serta selalu menekankan perhatian terhadap norma-norma prososial.