Jurnal Kajian Pendidikan Umum
Vol 20, No 1 (2022): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM

Studi Literatur: Analisis Pengaruh dan Upaya Pengembangan Nilai Perilaku Prososial Pada Siswa Sekolah Dasar

Arlinta Ulfa Auvisena (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang)
Aiman Faiz (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Kurotul Aeni (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
12 May 2023

Abstract

Fokus artikel ini membahas tentang pengaruh dan upaya untuk mengembangkan perilaku prososial pada siswa sekolah dasar. Anak-anak di sekolah dasar harus bisa bersosialisasi dengan baik. Salah satu perilaku yang ditunjukkan adalah perilaku prososial, dimana seseorang memiliki keinginan untuk menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan upaya dalam mengembangkan perilaku prososial pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru meupakan salah satu pengaruh yang menentukan munculnya perilaku prososial, sehingga guru harus melakukan upaya peningkatan perilaku prososial sedini mungkin. Pengaruh lain yang mempengaruhi perilaku prososial ialah lingkungan keluarga dan teman sebaya. Faktor situasional dan faktor dalam diri juga berpengaruh pada munculnya sikap prososial. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan perilaku prososial adalah memberikan teladan atau contoh, memberikan motivasi dan stimulus secara konsisten, serta selalu menekankan perhatian terhadap norma-norma prososial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SosioReligi

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Socio-Religion is a journal that aims to publish research results on general education and other fields related to encouraging inquiry into the relationship between theoretical and practical studies. Socio Religion, an electronic journal, provides a forum for publishing original research articles, ...