Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 18 No 1 (2023)

Dampak Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II di SDN Barambai Kolam Kiri 2 Kabupaten Barito Kuala

Yulianti Hidayah (Pendidikan Biologi STKIP PGRI Banjarmasin)
Lili Agustina (Program Studi PGSD STKIP PGRI Banjarmasin)
Liza Firdayani Yuliyana (MIS Darul Ulum)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan dampak pembelajaran daring di kelas II terhadap hasil belajar siswa kelas II di SDN Barambai Kolam Kiri 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah wali murid kelas II. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) daring dapat diterima oleh siswa meskipun tidak tatap muka, dalam pelaksanaannya guru menggunakan aplikasi Whatsapp untuk berkomunikasi dengan peserta didik dan orang tua mengenai pelaksanaan pembelajaran secara daring; (2) Dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa yaitu hasil beajar siswa mengalami penurunan dibandingkan sebelum pelaksanaan pembelajaran daring. Berdasarkan observasi dan wawancara bersama 6 orang wali siswa dari 22 siswa di kelas II SDN Barambai Kolom Kiri 2, keluhan yang dihadapi wali siswa seperti kurangnya waktu dalam mendampingi anak karena sibuk bekerja, serta orang tua yang tidak memiliki jiwa pendidik. Itu sebenarnya kaitannya dengan kesadaran dari tiap-tiap wali siswa yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Selama pembelajaran daring nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah daring dari setiap mata pelajaran mengalami penurunan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpl

Publisher

Subject

Arts Education Mathematics Other

Description

Lentera merupakan jurnal ilmiah pada bidang pendidikan dan ilmu-ilmu kependidikan yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3MP) STKIP PGRI ...