Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No.1, Juli 2023

Efektivitas Penggunaan Aplikasi AKSI sebagai Pendukung Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar

Adelia Noer Karisma (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Latifa Rumambarsari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nova Setyowati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Dias Aziz Pramudita (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Gerakan Literasi Siswa merupakan upaya menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang warganya melek huruf untuk kehidupan melalui pelibatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi AKSI sebagai literatur di SDN 1 Joho. Metode penelitian deskriptif menggunakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi AKSI SD sebesar 95,7%, terkait materi atau konten bacaan aplikasi AKSI SD yaitu 95,7% siswa menjawab mudah dipahami, terkait preferensi dalam memilih antara literasi dan literasi. berhitung yaitu 69,6%, 65,2% siswa lainnya menjawab tidak kesulitan dalam menggunakan aplikasi AKSI SD. Aplikasi AKSI yang digunakan dalam pembelajaran literasi 91,3% siswa menjawab setuju. Kesimpulannya adalah aplikasi AKSI dapat digunakan sebagai aplikasi literatur di SDN 1 Joho.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; ...