Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No.1, Juli 2023

Efektivitas Penggunaan Media Quipper dalam Pembelajaran Blended Learning untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Menengah Pertama

Julia Larasati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Hariyatmi Hariyatmi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Siti Rohmi (SMPN 1 Bancak)
Novi Alya Fatharani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Kurnia Hannyda Umamy (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan media Quipper dalam blended learning untuk pembelajaran jarak jauh di masa pandemi yang dilaksanakan di SMPN 1 Bancak dan menyimpulkan hasil implementasi media Quipper tersebut selama blended learning. Artikel ini menggunakan metode penelitian deskripsi dengan pendekatan survei sehingga dapat mengetahui tingkatan efektivitas dari proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Quipper. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk memberikan informasi dan sebagai sumber referensi dalam mengetahui tingkat efektivitas penggunaan media Quipper dalam pembelajaran blended learning di SMPN 1 Bancak. Berdasarkan sampel sebanyak 130 hasil belajar yang diperoleh dan wawancara yang telah terlaksana, diperoleh hasil bahwa terdapat banyak peserta didik tidak antusias dalam mengerjakan post test. Hal tersebut dilihat dari sampel yang ada, diperoleh hanya 9% yang mampu mengerjakan dan menyelesaikan post test yang diberikan dari data keseluruhan peserta didik yang mengakses.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; ...