Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No.1, Juli 2023

Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa di Sekolah Dasar

Sinta Devi Kusuma Ardi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Anatri Desstya (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Kemampuan numerasi adalah kemampuan yang menerapkan konsep bilangan, keterampilan operasi hitung, dan kemampuan menjelaskan informasi atau masalah mengunakan Matematika. Mata pelajaran Matematika sendiri merupakan momok bagi siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dikarenakan materinya yang sulit. Akibatnya, prestasi belajar Matematika siswa rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Rendahnya prestasi belajar siswa merupakan salah satu penyebab dari kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar numerik mereka dan memberikan kemudahan siswa dalam mempelajari numerasi melalui penggunaan media pembelajaran ular tangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah siswa menjadi lebih memahami materi, pelaksanaan pembelajaran menjadi menyenangkan, kegiatan belajar menjadi interaktif, dan motivasi belajar numerik siswa menjadi meningkat. Maka dari itu, media pembeljaran ular tangga mampu meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; ...