Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol 4, No 2 (2022): Vol 4, No. 2, Desember 2022

Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar

Ilham Basir Nur Muhammad (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Yulia Maftuhah Hidayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Trisna Andarwulan (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2020

Abstract

Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan suatu kesempatan bagi para mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di SD maupun SMP di daerah 3T. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya implementasi program inovasi budaya Game Catung di SDN 1 Muruh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan implementasi inovasi literasi numerasi untuk membantu kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan melalui pembiasaan membaca, menulis, serta berhitung secara teratur dengan berbagai metode pembelajaran di SDN 1 Muruh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepada sekolah, guru kelas, dan siswa. Adapun untuk objek penelitian ini adalah yang berkaitan dengan implementasi inovasi budaya literasi numerasi “Game Catung”. Hasil penelitian di SDN 1 Muruh diperoleh bahwa guru dalam pelaksanaan program Catung menggunakan metode yang bervariasi. Selain itu, media dan sintaks pembelajaran yang digunakan sangat beragam. Implementasi literasi menggunakan buku bergambar, buku cerita, huruf angka bergambar, dan media tablet yang berisi game edukasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; ...