Educaniora: Journal of Education and Humanities
Vol. 1 No. 2 (2023): July

Penerapan E-Book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Teks Biografi

Shania Ramadhani Syafani (Universitas Negeri Padang)
Tressyalina Tressyalina (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 May 2023

Abstract

Pembelajaran teks biografi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyajikan ide dan pendapat secara terstruktur dan jelas. Dalam pembelajaran teks biografi, berbasis kearifan lokal diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyajikan ide dan pendapat secara mandiri, kreatif, dan kritis. Selain itu, e-book interaktif diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi siwa dalam belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan e-book interaktif berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran teks biografi. Penelitian ini menggunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan penerapan e-book interaktif berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran teks biografi dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Siswa juga lebih aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa mampu menyajikan ide-ide yang lebih kreatif dan inovatif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan e-book interaktif berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran teks biografi dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ec

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This interdisciplinary journal focuses on the exchange of research results in education and humanities. Educaniora aims to bridge the gap between pure academic research journals and more practical publications. Fields of interest include, but are not limited to: 1. Indonesian Language Education; 2. ...