cover
Contact Name
Bima Mhd Ghaluh
Contact Email
bima@educaniora.org
Phone
+6282184182088
Journal Mail Official
journal@educaniora.org
Editorial Address
Komplek Singgalang, Padang, West Sumatra, Indonesia
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Educaniora: Journal of Education and Humanities
Published by Educaniora Publisher
ISSN : -     EISSN : 29865808     DOI : https://doi.org/10.59687
This interdisciplinary journal focuses on the exchange of research results in education and humanities. Educaniora aims to bridge the gap between pure academic research journals and more practical publications. Fields of interest include, but are not limited to: 1. Indonesian Language Education; 2. Indonesian Literature Studies; 3. Linguistics; 4. Humanities; 5. Modern language issues; and 6. Language in multicultural societies.
Articles 38 Documents
Analisis Kebutuhan E-LKPD Interaktif Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Teks Eksposisi Tressyalina Tressyalina; Ena Noveria; Ermawati Arief; Ella Wulandari; Novia Tri Ramadani
Educaniora: Journal of Education and Humanities Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Institute of Humanities and Education Studies (IHES)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59687/educaniora.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan E-LKPD dalam pembelajaran teks eksposisi pada tingkat SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis permintaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) yang berbasis kearifan lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru SMA di Kota Padang. Alat pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Miles & Huberman, langkah-langkah analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan validasi data. Temuan penelitian ini mencakup tiga hal, yang meliputi: (1) analisis permasalahan yang mencakup permasalahan kurikulum, dan penerapan E-LKPD di SMA, (2) analisis konteks, dan (3) analisis solusi permasalahan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa E-LKPD di sekolah belum memenuhi syarat untuk membuat E-LKPD yang benar. Oleh karena itu, sekolah memang membutuhkan E-LKPD yang sesuai untuk pembelajarannya, yang disesuaikan dengan kurikulum yang ada, dalam hal ini adalah Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk membuat atau mengembangkan E-LKPD berbasis HOTS dan berkearifan lokal sebagai media pembelajaran teks eksposisi pada tingkat SMA.
Masalah Sosial dalam Novel Dendang Karya Darman Moenir (Kajian Sosiologi Sastra) Rizka Dwi Rahmayani
Educaniora: Journal of Education and Humanities Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Institute of Humanities and Education Studies (IHES)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59687/educaniora.v1i1.2

Abstract

Sastra adalah produk suatu masyarakat, yang mencerminkan kehidupan masyarakat. Apa yang terdapat dalam suatu karya sastra merupakan cerminan dari masyarakat pada waktu itu. Novel Dendang karya Darman Moenir mengisahkan tentang permasalahan rumah tangga yang dikepalai oleh tokoh Saya dengan istrinya bernama Han. Tujuan dari penulisan ini adalah mendeskripsikan permasalahan sosial yang terjadi dalam novel Dendang karya Darman Moenir. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan permasalahan-permasalahan sosial yang ditemukan dalam novel dengan cara membaca dan memahami keseluruhan isi novel kemudian mendeskripsikan hasil-hasil temuan dengan bantuan kutipan-kutipan novel. Hasil temuan dari penelitian adalah permasalahan sosial yang terjadi dalam novel Dendang karya Darman Moenir yang mencakup (1) disorganisasi keluarga, (2) kemiskinan, dan (3) korupsi.
Penguatan Bahasa Indonesia sebagai Identitas Nasional Melalui Poster Interaktif pada Instagram @Bastra.Id Faiza Nurrahmah
Educaniora: Journal of Education and Humanities Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Institute of Humanities and Education Studies (IHES)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59687/educaniora.v1i1.3

Abstract

Artikel ini menjelaskan nasib bahasa Indonesia sebagai identitas nasional di era teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi telah mengakibatkan beberapa kesalahan dalam penggunaan bahasa Indonesia oleh masyarakat, baik lisan maupun tulisan. Artikel ini dibuat berdasarkan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan objek studi akun Instagram @BASTRA.ID yang merupakan salah satu aktivis bahasa di media sosial. Berdasarkan pengamatan, keberadaan akun ini telah menjadi media pembelajaran bahasa Indonesia di media sosial yang terus mengingatkan pentingnya menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidahnya. Akun ini secara tidak langsung mengubah kebiasaan masyarakat Indonesia dalam berbicara Bahasa Indonesia melalui poster-poster interaktif yang diunggah. Perubahan dalam kebiasaan disiplin berbahasa diamati di kolom komentar setiap postingan.
Analisis Unsur Bunyi Irama, Kakafoni, dan Efoni pada Puisi Tuhan Datang Malam Ini Karya Joko Pinurbo Ajruni Fadhilah
Educaniora: Journal of Education and Humanities Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Institute of Humanities and Education Studies (IHES)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59687/educaniora.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang unsur bunyi irama, kakafoni, dan efoni dalam puisi Tuhan Datang Malam Ini karya Joko Pinurbo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur bunyi irama, kakafoni, dan efoni dalam puisi Tuhan Datang Malam Ini. Pengumpulan data dilakukan secara individu dan berdiskusi dengan kelompok yang telah ditentukan sebelumnya. Bahan yang diperoleh dari buku kumpulan puisi sebelumnya, dipilih, dianalisis dan ditinjau. Hasil analisis membahas tiga tema pokok yang akan dibahas di sini, yaitu (1) Irama (metrum dan ritme), (2) Kakafoni, dan (3) Efoni. Kajian tentang ketiga tema tersebut sangat berguna untuk memahami jenis-jenis bunyi dalam puisi dan cara menganalisis unsur bunyi tersebut dengan benar.
Dari A sampai Z Memperbaiki 50 Kesalahan Ejaan pada Laman Prestasi UNP Sri Muliani
Educaniora: Journal of Education and Humanities Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Institute of Humanities and Education Studies (IHES)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59687/educaniora.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe kesalahan ejaan yang paling umum terjadi di halaman prestasi Universitas Negeri Padang (UNP) pada laman situs resmi UNP (www.unp.ac.id), serta memberikan saran untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi terhadap teks di halaman prestasi UNP, diikuti dengan analisis kualitatif terhadap kesalahan ejaan yang ditemukan. Sampel penelitian terdiri dari 50 kesalahan ejaan yang ditemukan di halaman tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan ejaan terbanyak terjadi pada kata-kata dengan aksara hijaiyah dan kata-kata dasar bahasa Indonesia yang sering diucapkan dengan ejaan yang salah. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti merekomendasikan agar UNP menggunakan perangkat lunak pemeriksa ejaan dan memperbaharui prosedur revisi teks untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan ejaan di laman situs resminya.
Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Painan Andriyani Muliana; Mohamad Hafrison
Educaniora: Journal of Education and Humanities Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Institute of Humanities and Education Studies (IHES)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59687/educaniora.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMK Negeri 1 Painan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen one group pretest-posttest design dengan sampel 31 siswa kelas XI OTKP 2. Data yang digunakan adalah skor tes keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMK Negeri 1 Painan sebelum dan sesudah menggunakan model Discovery Learning. Penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMK Negeri 1 Painan meningkat setelah menggunakan model Discovery Learning, dengan nilai rata-rata yang naik dari 62,36 menjadi 81,52. Berdasarkan uji-t, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berpengaruh pada keterampilan menulis teks prosedur siswa.
Tindak Tutur Direktif Tokoh Utama dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori Fajar Dwi Nanda Putra; Amril Amir
Educaniora: Journal of Education and Humanities Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Institute of Humanities and Education Studies (IHES)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59687/educaniora.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif dan strategi bertutur tokoh utama dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Data penelitian dikumpulkan melalui metode dokumentasi dan dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 34 tindak tutur direktif dan 37 strategi bertutur yang digunakan tokoh utama. Tindak tutur direktif meminta dan strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi adalah yang paling banyak ditemukan, masing-masing sebanyak 18 dan 22.
Analisis Majas dan Diksi pada Lagu Amin Paling Serius yang Dipopulerkan Sal Priadi dan Nadin Amizah Karmila Karmila; Abdurahman Abdurahman
Educaniora: Journal of Education and Humanities Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Institute of Humanities and Education Studies (IHES)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59687/educaniora.v1i1.9

Abstract

Saat ini lagu berkembang dengan sangat cepat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya lagu-lagu baru yang dipopulerkan oleh musisi baru. Salah satunya adalah lagu Amin Paling Serius yang dipopulerkan oleh Sal Priadi dan Nadin Amizah. Karena lirik lagu yang sangat menarik serta kepopuleran lagu ini, penulis tertarik untuk meneliti gaya bahasa dan diksi dalam lagu ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pada penelitian ini digunakan pendekatan stilistika. Kata, frasa, dan kalimat merupakan bentuk data yang didapatkan dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini berasal dari lirik lagu Amin Paling Serius yang dipopulerkan oleh Sal Priadi dan Nadin Amizah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis dokumen yang menjadikan peneliti sendiri yang menjadi instrumen kuncinya. Penganalisisan data dalam penelitian menggunakan teknik analisis jalinan atau mengalir yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu mengumpulkan data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu ditemukan 26 gaya bahasa dan 39 diksi dalam lagu Amin Paling Serius yang dipopulerkan oleh Sal Priadi dan Nadin Amizah. Penelitian ini sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang senang mendengarkan lagu Amin Paling SeriusĀ  agar lebih mengenal tentang lagu ini.
Alih Kode dan Campur Kode pada Tuturan Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam Muthia Bazaratul Jannah; Dewi Anggraini
Educaniora: Journal of Education and Humanities Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Institute of Humanities and Education Studies (IHES)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59687/educaniora.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini berfokus pada alih kode dan campur kode oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan alih kode dan campur kode serta penyebab terjadinya alih kode dan campur kode tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan pendekatan pragmatik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak yang dilanjutkan dengan dua teknik, yaitu teknik sadap dan teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan alih kode ke luar dan alih kode ke dalam dengan faktor penyebabnya oleh pembicara, pendengar, hadirnya orang ketiga, situasi formal dan informal, dan topik pembicaraan. Jenis campur kode berupa campur kode ke luar, campur kode ke dalam, dan campur kode campuran dengan faktor penyebab identifikasi perasaan, identifikasi ragam, keinginan untuk menjelaskan, faktor penutur, dan faktor bahasa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat alih kode dan campur kode yang disebabkan oleh berbagai faktor pada tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam.
Nilai-Nilai Budaya Novel Perempuan Bersampur Merah Karya Intan Andaru dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel Yunita Muhtya; Erizal Gani
Educaniora: Journal of Education and Humanities Vol. 1 No. 1 (2023): March
Publisher : Institute of Humanities and Education Studies (IHES)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59687/educaniora.v1i1.11

Abstract

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai budaya dalam novel Perempuan Bersampur Merah karya Intan Andaru dan Implikasinya dalam pembelajaran teks novel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, dan kalimat dalam novel Perempuan Bersampur Merah karya Intan Andaru yang terkait dengan nilai budaya yang ditelusuri berdasarkan narasi dan dialog antar tokoh yang disesuaikan dengan teori terkait nilai-nilai budaya. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Perempuan Bersampur Merah karya Intan Andaru yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama di Jakarta pada 2019 yang terdiri dari 216 halaman. Analisis data dilakukan dengan menganalisis, mengidentifikasi, dan Menyusun laporan. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, nilai budaya dalam novel Perempuan Bersampur Merah karya Intan Andaru ditemukan 5 jenis nilai budaya, yaitu: (1) nilai budaya dalam hubungan manusia dengan tuhan, (2) nilai budaya dalam hubungan manusia dengan alam, (3) nilai budaya dalam hubungan manusia dengan masyarakat, (4) nilai budaya dalam hubungan manusia dengan manusia, dan (5) nilai budaya dalam hubungan manusia dengan diri sendiri. Kedua, nilai-nilai budaya dalam novel Perempuan Bersampur Merah karya Intan Andaru dapat berimplikasi pada pembelajaran teks novel kelas XII SMA.

Page 1 of 4 | Total Record : 38